SHARE

Foto 3Jakarta, selular.ID – Untuk melakukan jual beli kendaran, baik mobil maupun sepeda motor OLX menjadi salah satu platform yang disukai. Rata-rata waktu yang dibutuhkan untuk terjualnya kendaraan pun cukup singkat.

Dari catatan OLX, seperti disampaikan Agung Iskandar, Chief Commercial Officer OLX penjual hanya butuh waktu 3 hari saja untuk mobil laku dan 5 hari untuk sepeda motor. Lalu kendaraan apa saja yang banyak diminati oleh pengguna OLX?

Agung menyampaikan untuk pasar mobile, segmen MPV masih menjadi yang tertinggi. Menurut data OLX di kuartal kedua 2017, iklan-iklan mobil MPV mendominasi dengan total presentase 45,2%, disusul oleh hatchback dengan 19,1%, sedan 16,8% dan SUV 16,3%.

“Peluncuran mobil-mobil baru di segmen MPV pada gelaran GIIAS lalu, membuat segmen ini akan tetap merajai jual-beli mobil bekas, di OLX,” ungkap Agung memberi prediksinya. Menurut Agung, tingginya minat masyarakat atas MPV baru membuat persentase penjualan segmen MPV di pasar mobil bekas akan cenderung stabil bahkan naik di kisaran 45% sampai 50%.

Data OLX yang terangkum dalam Otojurnal Tren Industri Mobil Bekas di Indonesia, menunjukkan bahwa harga mobil bekas cenderung turun di tengah tahun karena banyaknya mobil baru yang diluncurkan. Pertengahan tahun menjadi salah satu waktu yang tepat untuk membeli mobil karena rata-rata harga mobil bekas turun sampai 20%, dan tren ini juga terjadi pada kuartal yang sama dua tahun berturutan. Meskipun demikian, penjual mobil tetap dapat diuntungkan mengingat data menunjukkan bahwa setiap tahunnya, terjadi peningkatan kecepatan penjualan mobil bekas.

“Melihat data yang ada, kecepatan penjualan mobil di OLX pada kuartal kedua 2017 rata-rata tiga hari lebih cepat dibandingkan periode yang sama tahun lalu,” ujar Edward Kilian, Chief Marketing Officer OLX Indonesia. Rata-rata dibutuhkan waktu enam hari bagi sebuah mobil untuk laku, di OLX. Bahkan, untuk beberapa tipe, waktu yang dibutuhkan dapat lebih singkat. Avanza, secara rata-rata hanya membutuhkan waktu tiga sampai empat hari. Sementara Daihatsu Xenia dan Toyota Agya membutuhkan waktu empat sampai lima hari untuk laku.

Selain mobil bekas, kategori mobil di OLX juga menjadi tempat bagi terjadinya transaksi aksesoris, spare part, audio mobil maupun ban dan velg. Jumlah iklan atas barang-barang tersebut per bulannya mencapai angka 129 ribu. Iklan mengenai barang-barang tersebut setiap bulannya dicari oleh 223 ribu orang calon pembeli.

Kategori Sepeda Motor

Kategori sepeda motor mempunyai pola transaksi yang cukup berbeda dibandingkan dengan mobil. Siklus seseorang berganti sepeda motor cenderung lebih cepat dibandingkan dengan mobil. Seseorang bisa berganti motor dalam periode dua atau tiga tahun. Melihat fakta tersebut, tak heran iklan-iklan motor yang terhitung keluaran baru, mulai terlihat di OLX. “Sepeda motor yang terhitung baru, seperti Yamaha NMAX​ misalnya, menjadi salah satu sepeda motor yang paling diminati di OLX,” sebut Agung.

Perilaku lain yang cukup unik dari pengguna OLX, khususnya pembeli, di kategori sepeda motor, adalah mengenai tingginya jumlah pencarian untuk dua jenis motor sport; Kawasaki Ninja dan Yamaha RX King. Dari segi jumlah iklan, dua tipe sepeda motor ini bukan merupakan yang paling tinggi. Pencarian atas Kawasaki Ninja dan Yamaha RX King masuk dalam jajaran lima motor dengan pencarian terbanyak di OLX, bersama Honda Vario, Yamaha Mio, dan Honda Beat. Jumlahnya mencapai 30 juta pencarian untuk Ninja, dan 16 juta untuk Yamaha RX King.

Sama halnya dengan kategori mobil, kategori sepeda motor di OLX juga menyediakan tempat bagi terselenggaranya jual-beli atas barang-barang seperti aksesoris, spare part dan juga helm. Setiap bulannya terdapat 276 ribu pengguna yang mencari aksesoris motor dengan jumlah iklan mencapai 81 ribu. Iklan mengenai aksesoris, spare part, dan juga helm, memiliki peminat yang sangat besar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here