Friday, August 23, 2019
Home News Enterprise Uji Coba Lapangan Masive MIMO FDD-LTE Telkomsel dan ZTE Capai Throughput Data...

Uji Coba Lapangan Masive MIMO FDD-LTE Telkomsel dan ZTE Capai Throughput Data 4X Lipat

-

Bai Jie ZTE
Jakarta, Selular.ID – ZTE Indonesia telah berhasil melakukan uji coba lapangan FDD-LTE Massive MIMO pertama di Indonesia bersama operator nasional terbesar, Telkomsel. Dengan menggunakan solusi FDD-LTE Massive MIMO, uji coba yang berlangsung pada 8 Juni 2017 itu berhasil mencapai peningkatan throughput data hampir empat kali lipat menjadi 468 Mbps, dibandingkan dengan jaringan MIMO FDD LTE 2×2 yang sudah ada.

Uji coba lapangan ini diselenggarakan di Makassar menggunakan handset TM9 yang tersedia secara komersial dan unit MiFi dalam 4 handset/konfigurasi MiFi yang simultan, dengan bandwidth 20 MHz, untuk menunjukkan kemampuan FDD-LTE Massive MIMO yang meningkatkan kinerja jaringan 4G LTE tanpa membutuhkan perubahan pada terminal pengguna. Hasil uji coba ini akan mendukung upaya Telkomsel dalam pemerataan jaringan di Kawasan Timur Indonesia.

Indra Mardiatna, Wakil Presiden Teknologi dan Sistem Telkomsel mengatakan, “Kami akan terus meningkatkan teknologi dan kesiapan jaringan next-generation untuk mengikuti tren global yang terus berkembang. Hal ini sejalan dengan visi transformasi digital kami untuk selalu menjadi yang terdepan dalam menerapkan teknologi mobile cellular terbaru yang akan memberikan banyak manfaat bagi masyarakat Indonesia di masa depan.”

Bai Jie, Chief Marketing Officer PT ZTE Indonesia mengungkapkan, “ZTE sangat bangga bisa bekerja sama dengan Telkomsel dalam mewujudkan salah satu percobaan lapangan paling awal di dunia untuk teknologi FDD-LTE Massive MIMO. Kami berkomitmen penuh untuk mendukung Telkomsel dalam penerapan teknologi ini untuk meningkatkan kapasitas jaringan dan memberikan pengalaman broadband terbaik bagi pelanggan Telkomsel, ZTE telah menyediakan jaringan GSM dan UMTS bagi pelanggan Telkomsel di Manado sejak tahun 2007. Kesuksesan percobaan lapangan FDD-LTE Massive MIMO ini akan memperkuat posisi ZTE di ekosistem 4G LTE Telkomsel, dan sebagai mitra pilihan bagi operator di Indonesia.”

ZTE’s FDD-LTE Massive MIMO Base Station
ZTE’s FDD-LTE Massive MIMO Base Station

Setelah kesuksesan uji coba lapangan ini, ZTE dan Telkomsel telah sepakat untuk melanjutkan ke tahap uji coba berikutnya untuk memverifikasi aspek teknis lainnya seperti cakupan, mobilitas, dan gangguan. Baik ZTE maupun Telkomsel menilai pentingnya memastikan teknologinya layak dan efektif untuk peluncuran yang lebih luas di jaringan LTE Telkomsel.

Sejak tahun 2015, proyek percontohan ZTE Pre5G Massive MIMO telah banyak dilakukan di seluruh dunia, dan ZTE bekerja sama dengan lebih dari 20 operator telekomunikasi terkemuka secara global dalam solusi Pre5G.

Latest