Operator Inggris Genjot Kecepatan Data Tertinggi dengan 4G+

IMG_20170607_182642Jakarta, Selular.ID – Inggris akan menjadi negara pertama di dunia yang mengkomersialkan teknologi jaringan LTE 4G generasi selanjutnya yang mampu menawarkan kecepatan download lebih 400Mbps. Melalui EE, operator terbesar di Inggris, para pelanggan akan mendapat pengalaman terbaik dari jaringan mobile mereka saat ini berkat peluncuran layanan 4G+

EE akan menggelar teknologi ini di Cardiff, diikuti beberapa bagian di London dalam waktu minggu ini. Setelah itu, perusahaan berencana untuk memperluas jangkauannya ke lebih banyak ibu kota, seperti Birmingham, Manchester dan Edinburgh pada tahun 2017.

Dalam uji coba sistem baru ini, EE mengatakan bahwa telah mencatat kecepatan download puncak 429Mbps, yang diklaim sebagai yang terbaik di Inggris saat ini. Namun pengguna yang berada di sekitar belum tentu bisa mendapatkan kecepatan 400Mbps. Itu mengingat, smartphone atau perangkat modem saat ini hanya mampu menangkap kecepatan LTE di kisaran 150-300Mbps saja. Perangkat membutuhkan chip modem LTE Cat.16 agar hal itu tercapai.

Saat ini, hanya Sony Xperia XZ Premium yang kompatibel, dan pengguna handset lain diperkirakan akan mengalami kecepatan sekitar 50Mbps. Namun setidaknya, menurut pihak EE, pelanggan bakal mendapatkan layanan jaringan LTE yang jauh lebih layak dan tidak membuat banyak pelanggan menderita karena leletnya koneksi 4G. Dari sisi EE, generasi 4G selanjutnya bergantung pada peningkatan efisiensi dua blok spektrum yaitu 1800MHz dan 2.6GHz.

EE mengumbar ambisi ingin terus memberantas area yang tidak tercover internet kencang di Inggris, mengingat masih ada sekitar 20 persen di negara itu yang belum tersentuh cakupan 4G. Perusahaan ingin menyelimuti 95 persen daratan Inggris dengan layanan 4G mereka pada tahun 2020.

Terlepas dari upaya perbaikan teknis pada jaringannya, operator EE rupanya memiliki beberapa masalah persepsi pelanggan di Inggris.

EE berada di posisi buncit dalam laporan survey terbaru mengenai kepuasan pelanggan operator, dengan rating 50 persen. Studi ini memperhitungkan pandangan lebih dari 4.000 konsumen yang menilai layanan pelanggan, value for money, dan insentif.

Dalam sebuah pernyataan, juru bicara EE mengatakan: “Mendapatkan koneksi 4G yang baik adalah salah satu faktor terpenting bagi pelanggan, jadi mengecewakan bahwa peringkat ini tidak memperhitungkan kinerja jaringan.”

“Laporan sendiri menunjukkan bahwa hanya pelanggan EE yang mendapatkan koneksi 4G tercepat di Inggris, dan berada di 4G lebih banyak daripada jaringan lainnya. Data terakhir dari Ofcom menunjukkan bahwa EE telah memperbaiki layanan pelanggan dan menerima keluhan paling sedikit ketiga di industri mobile. Kami terus bekerja sangat keras untuk memberikan pengalaman mobile terbaik di Inggris dengan meluncurkan 4G ke lebih banyak tempat di Inggris daripada jaringan lainnya.”