LG Pay Usung Pendekatan Berbeda dari Samsung Pay

IMG_20170605_204112Jakarta, Selular.ID – Pembayaran secara mobile kian ramai. Di Indonesia, masyarakat sudah akrab dengan layanan pembayaran dari operator seperti T-Cash, XL Tunai, Indosat Dompetku, Smartfren Uangku, dan aplikasi ride-sharing seperti Go-Pay dan Grab-Pay.

Berbeda dengan di dalam negeri, di kancah global sistem pembayaran mobile juga cukup ramai dengan nama-nama besar antara lain ada Apple Pay dan Samsung Pay, kemudian hadir Android Pay dan sebentar lagi LG Pay.

Ya, bila Anda pengguna smartphone LG, maka bersiaplah. Vendor smartphone asal Korea Selatan itu dikabarkan tengah mulai memasang sistem pembayaran besutan sendiri ke terminal-terminal pembayaran mobile. Bernama LG Pay, pembayaran akan mulai beroperasi pada akhir tahun ini.

Menurut kantor berita Herald Korea (3/6/2017), LG segera menggelar LG Pay di Korea Selatan dengan bantuan empat perusahaan kartu kredit dan rencana besar untuk ekspansi. LG Pay diharapkan dapat bersaing langsung dengan Samsung Pay yang lebih terkenal dengan menawarkan pendekatan yang berbeda untuk meniru kartu reguler di terminal garis magnetik.

Alih-alih menggunakan teknologi Magnetic Secure Transmission yang dimiliki Samsung, LG akan menggunakan Wireless Magnetic Communication untuk fiturnya. Pengguna kemungkinan tidak akan melihat perbedaan yang signifikan dalam bagaimana kedua metode komunikasi magnetik ini bekerja, karena keduanya mengharuskan Anda untuk menyentuh bagian belakang telepon Anda ke pembaca garis magnetik di terminal untuk mengirimkan data kartu kredit secara nirkabel.

Seperti kita ketahui, teknologi itu memiliki keuntungan yang signifikan untuk diadopsi melebihi apa yang dapat ditawarkan NFC karena bekerja dengan terminal pembayaran “lawas”.

LG saat ini tidak membicarakan rencana untuk ekspansi, namun dengan asumsi peluncuran Korea Selatan ini berjalan sesuai rencana, Anda mungkin berharap dapat melihat fitur ini yang ditawarkan akhir tahun ini.