Beranda News Contek Line, BBM Sediakan Serial Komik Online

Contek Line, BBM Sediakan Serial Komik Online

-

bbm webcomics

Jakarta, Selular.ID – BlackBerry Messenger (BBM) mendapat fitur baru. Selain fungsi utamanya untuk chatting, aplikasi pesan online ini juga menyediakan bacaan komik online berseri melalui fitur WebComics untuk penggemar BBM di Indonesia. Peluncuran itu dilakukan melalui kerjasama dengan penerbit webtoon dan webnovel asal Korea, Neobazar. Layanan gratis ini akan menyajikan beragam pilihan judul webtoon, baik dalam negeri maupun mancanegara.

Penggemar komik akan mendapatkan beragam pilihan WebComics di menu Discover, yang terdapat di aplikasi pesan BBM. Melalui menu Discover, pengguna dapat menjelajahi berbagai pilihan judul dari beragam kategori –mulai dari kisah cinta, fantasi, rekaan ilmiah, misteri, komedi, drama, olahraga dan laga– yang akan secara rutin diperbarui dengan rangkaian cerita baru.

Sebelum ini, aplikasi chatting sejenis, Line, sudah lebih dulu menawarkan layanan serupa dalam bentuk Webtoon. Dengan keberadaan WebComics ini, BBM akan menjadi saingan Line dalam merebut pasar pecinta komik online.

Saat peluncuran perdana, akan tersedia lebih dari 200 judul yang meliputi 135 webtoon dan 65 webnovel. Beberapa judul ternama, seperti: Dokgo (Outsider), Great Wife, dan 37.2 Degrees pun sudah tersedia di WebComics untuk BBM. Ilustrator yang diakui secara internasional, seperti Baek Seung-Hoon, yang karyanya telah dibuat film, serta Is Yuniarto, pemenang sejumlah lomba komik, pencipta ‘The Grand Legend Ramayana’ yang edisi cetaknya juga diterbitkan di Jepang, juga menampilkan karya-karya mereka.

WebComics atau “manhwa” adalah bacaan bergambar berseri, seperti komik dalam buku dan koran, namun WebComics diterbitkan secara online dan berkala. WebComics berasal dari Korea Selatan dan menjadi semakin terkenal di kawasan Asia-Pasifik. Hal itu disebabkan oleh kebiasaan masyarakat, yang keranjingan menggunakan Internet dan smartphone.

“Saat ini, masyarakat lebih banyak menghabiskan waktu di aplikasi pesan ketimbang hal lain di perangkat mobile mereka,” kata Matthew Talbot, CEO Creative Media Works, perusahaan yang mengoperasikan dan menjalankan BBM secara global, “Kami berupaya menyediakan lebih banyak ‘fitur’ untuk pengguna BBM, terutama pengguna paling aktif dan paling besar di Indonesia, tempat mereka menghabiskan waktu. WebComics akan menjadi tambahan hebat dan menyediakan banyak sekali bacaan, yang dapat diakses dengan mudah oleh pengguna kami.”

Sebagai penyedia konten, NeoBazar mengaku senang dapat menambahkan ‘webcomics’ dan ‘webnovel’ sebagai konten baru bagi pengguna BBM di Indonesia, di mana konsumsi konten digital kian meningkat.

“Pengguna BBM dapat dengan mudah menikmati konten kami dengan sekali sentuh di menu Discover tanpa harus memasang aplikasi baru,” kata Jinil Seong, CEO NeoBazar.

“Selain itu, kami ingin menjalin kerjasama dengan lebih banyak penulis, penerbit serta pembuat konten Indonesia untuk memperkaya konten setempat,” sambungnya.

Buyer's Guide

Samsung Galaxy A21s Kini Tampil dengan Warna dan Memori...

Jakarta, Selular.ID - Samsung Indonesia kembali menghadirkan varian baru dari Galaxy A21s. Perangkat lini...

7 Smartphone Xiaomi dengan Fast Charging Hingga 65W

Jakarta, Selular.ID – Bulan lalu kami menghadirkan panduan belanja tujuh smartphone Xiaomi dengan fitur...

5 Smartphone Oppo dengan Quad Camera Terbaik

Jakarta, Selular.ID -   Kamera kini menjadi salah satu fitur penting dalam memilih sebuah smartphone....

Smartphone Refresh Rate 90Hz Harga Rp2 Jutaan

Jakarta, Selular.ID - Bagi penggemar game mobile, teknologi refresh rate sangat diperlukan supaya bisa...

Xiaomi Redmi 9 Lunar Gold Meluncur di Indonesia

Jakarta, Selular.ID - Xiaomi kembali merilis anggota baru dari jajaran Redmi 9 Series. Perangkat...

Oppo Reno4 Pro Banting Harga

Jakarta, Selular.ID - Memasuki bulan November, dua ponsel Oppo mendapat penyesuaian harga. Baru diluncurkan...

Artikel Terbaru

Kategori Terkait