Friday, October 23, 2020
Home News E-Commerce Bukalapak Mudahkan Proses Pengiriman Produk Bagi Penjual

Bukalapak Mudahkan Proses Pengiriman Produk Bagi Penjual

-

IMG_20170607_125630Jakarta, Selular.ID – Menjelang Lebaran, jasa pengiriman ekspres dan logistik mulai kebanjiran order, terutama dari bisnis e-commerce. Jual beli online memang menjadi fenomena belakangan ini. Agar arus pengiriman logistik tetap lancar meski trafik sedang naik, Bukalapak menggandeng PT Citra Van Titipan Kilat (Tiki) untuk mengoptimalkan jasa layanan pengiriman barang khususnya dari sisi pelapak (sebutan untuk penjual).

Melalui kerjasama ini, keduanya bakal menawarkan sederet layanan bagi para pelapak. Diantaranya penyediaan layanan penjemputan (pick up), promo diskon, dan fitur kode booking.

“Inovasi ke depan Kami ingin memajukan UKM (Usaha Kecil Menengah, ed), salah satunya fitur kode booking. Dengan fitur ini, kalau sebelumnya pelapak ingin mengirimkan barang secara manual, pelapak harus datang ke agen dan menginput data pengirimannya ke sana. Ke depannya dengan kode booking, pelapak tidak perlu lagi menginput karena nanti sudah terintegrasi dengan sistem di Tiki. Sekarang sedang tahap integrasi,” kata Muhammad Fajrin Rasyid, Co-Founder dan CFO Bukalapak, saat penandatangan MoU dengan Tiki, di kantor Bukalapak, Jakarta, Rabu (7/6/2017).

Kerjasama antara Bukalapak dengan Tiki sebenarnya telah terjadi sejak dua tahun lalu. Situs e-commerce ini ingin terus menjalin kesepakatan kerja, karena menilai pengalaman Tiki sudah puluhan tahun berkecimpung di industri pengiriman logistik dan coverage perusahaan yang sudah tersebar di seluruh Indonesia. Dengan modal tersebut, Bukalapak bisa menjangkau lebih banyak penjual sekaligus pembeli di luar daerah utama, sehingga peran logistik sangat penting.

“Dunia e-commerce, khususnya marketplace, jasa pengiriman logistik sangat penting. Kami memiliki penjual dan pembeli yang tersebar di seluruh Indonesia. Pengiriman menjadi hal yang sangat penting karena ada pengantaran di daerah berbeda,” terangnya.

Selain kemudahan dari sisi penjual, kerjasama dengan Tiki ini juga berimbas ke waktu penerimaan barang yang lebih cepat di sisi konsumen. Integrasi teknis dalam fitur kode booking diyakono mampu mempercepat proses pengiriman.

Bukalapak sendiri telah memiliki lebih dari 1,7 juta pelapak dan dengan lebih dari 38 juta produk dan barang. Saat ini, ada sekitar 500 ribu pelapak yang menggunakan jasa Tiki.

Latest