Saatnya Ucapkan Selamat Tinggal Kepada MP3

IMG_20170517_165053Jakarta, Selular.ID – Bagi pencinta musik di era modern, pasti semuanya mengenal dengan file berformat MP3. Yup, file musik dengan format MP3 bisa dikatakan menjadi salah satu pelopor dan terpopuler di era musik digital. Hanya saja seiring bergulirnya waktu, MP3 akhirnya memasuki masa “paripurna”

Dilansir laman Telegraph, Setelah hampir dua dekade setelah MP3 lahir, The Fraunhofer Institute of Integrated Circuits lembaga riset asal Jerman, yang menaungi pendanaan pengembangan MP3 menghentikan pendanaan lisensinya.

The Fraunhofer menyebut MP3 tetap menjadi format audio terpopuler di dunia. Namun, menurutnya akan ada pengganti MP3 yang lebih efektif dengan teknologi tingkat lanjut. Kebanyakan perangkat modern saat ini memakai format seperti advanced audio coding (AAC). Kabarnya, standar format audio baru yang lebih hemat memori dan mendukung audio 3D tengah dikembangkan

“Format tersebut pasti bisa mendukung banyak fitur dengan kualitas audio lebih baik, tetapi bitrate lebih rendah

daripada MP3,” ujar pihak The Fraunhofer. Saat ini AAC menjadi format utama untuk file digital, seperti iTunes dan YouTube.

Sekedar mengingatkan, MP3 pertama kali dikembangkan pada 1980-1990 dan menjadi format audio paling umum dan berkembang menjadi standar musik yang diunduh secara online. Berkat MP3, pemutar musik digital seperti iPod mendulang kesuksesan di dunia. iPod yang dirilis pada 2001, terjual jutaan unit.

Jika merujuk dari informasi yang didapat, bisa dikatakan era MP3 sudah berakhir. Akan tetapi, meski bisa dikatakan sudah berakhir, bukan berarti semua file musuk berformat MP3 tidak bisa lagi dimainkan. Dari data yang berhasil dihimpun, pelanggan tetap bisa memutar berbagai koleksi musik berformat MP3.