Saturday, October 19, 2019
Home News Feature Jaga Kondisi Keuangan, XL dan Indosat Ooredoo Kompak Terbitkan Sukuk Ijarah

Jaga Kondisi Keuangan, XL dan Indosat Ooredoo Kompak Terbitkan Sukuk Ijarah

-

 

Sukuk IsatJakarta, Selular.ID –  Sukuk Ijarah Berkelanjutan I XL Axiata Tahap II Tahun 2017 yang diterbitkan perseroan mulai dicatatkan di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Dalam keterangan resmi BEI, Minggu (30/4/2017), Sukuk Ijarah Berkelanjutan I XL Axiata Tahap II Tahun 2017 yang akan dicatatkan dengan nilai total nominal sebesar Rp2,1 triliun terdiri dari seri A dengan nilai nominal Rp1 triliun jangka waktu 370 Hari Kalender.

Seri B dengan nilai nominal Rp 402 miliar dengan jangka waktu tuga tahun, sementara seri C dengan nilai nominal Rp 142 miliar jangka waktu lima tahun. Kemudian Seri D dengan nilai nominal Rp 260 miliar jangka waktu tujuh tahun dan Seri E dengan nilai nominal Rp 336 miliar jangka waktu 10 tahun.

Hasil pemeringkatan dari PT Fitch Ratings Indonesia untuk Sukuk ini adalah AAA (idn) (Triple A). Bertindak sebagai Wali Amanat dalam emisi ini adalah PT Bank Mega Tbk.

Diketahui XL Axiata menerbitkan sukuk ijarah berkelanjutan tahap II senilai Rp 2,18 triliun. Dana dari penawaran umum tersebut terutama akan digunakan untuk pembayaran kembali (refinancing) dan memperpanjang pinjaman XL Axiata yang berdenominasi rupiah.

Chief Financial Officer XL Axiata, Mohamed Adlan mengatakan, perseroan memanfaatkan kondisi suku bunga yang rendah saat ini dalam penerbitan sukuk ijarah berkelanjutan tahap II.

“Permintaan terhadap sukuk perusahaan kami tetap tinggi mengingat peringkat kredit yang diberikan oleh Fitch, yaitu AAA. Selain itu, kami memiliki fleksibilitas untuk memanfaatkan sisa yang tersedia dalam program sukuk ijarah perseroan apabila kondisi pasar menguntungkan,” kata Mohamed.

Mohamed mengatakan, hasil penerbitan sukuk ini akan digunakan untuk membayar utang (refinancing). Dengan demikian penerimaan sebelum pajak, bunga, depresiasi, dan amortisasi (EBITDA) dapat terjaga di tingkat yang sehat.

“Neraca yang sehat mendukung aspirasi XL untuk menjadi yang terdepan dalam digital space,” imbuh Mohamed.

Untuk diketahui, penerbitan Sukuk Ijarah tahap II ini merupakan bagian dari penawaran Sukuk Ijarah berkelanjutan XL Axiata dengan total nilai Rp 5 triliun. Pada November 2015, penerbitan Sukuk Ijarah tahap I meraup dana Rp 1,5 triliun.
Seperti halnya XL Axiata, Indosat Ooredoo juga telah mengadakan paparan publik berkenaan dengan penawaran umum obligasi berkelanjutan II  Indosat tahap 1 pada 2017 (obligasi) dan Sukuk Ijarah berkelanjutan II Indosat tahap 1 tahun 2017.

Menurut Alexander Rusli, Presdir dan CEO Indosat Ooredoo, keduanya dilakukan dalam mata uang rupiah dengan total nilai emisi maksimal tiga triliun rupiah.

“Penerbitan instrumen hutang ini merupakan bagian dari rencana pendanaan perseroan dalam rangka pelunansan sebagian atau seluruhnya (Refancing) salah satu atau berbagai pinjaman rupiah yang dinilai ioleh Perseroaan dan untuk pengembangan bisnis perseroan lebih lanjut,” kata Alex di paparan publik Bursa Efek Jakarta (27/04/17).

Alex menuturkan, penerbitan obligasi dan Sukuk Ijarah ini merupakan bagaian dari rencana jangka panjang keuangan Perseroan dalam memenuhi keburutuhan pendanaan sekaligus memperbaiki struktur permodalan dan profil hutang.

Dia juga.mengharapkan hal tersebut akan memberi efek positif untuk pengembangan bisnis ke depan dan Indosat Ooredoo dapat semakin fokus dalam memberikan layanan terbaik kepada pelanggan.

Alex menambahkan penerbitan Obligasi dan Sukuk Ijarah Indosat ini dibantu penjamin pelaksana emisi yang terdiri dari Mandiri Sekuritas, BCA Sekuritas, Danareksa Sekuritas, DBS  Vickers Sekuritas Indonesia, Indo Premier Sekuritas serta CIMB Sekuritas, dan bertindak sebagai wali amanat adalah Bank Rakyat Indonesia (BRI).

Latest