Jumat, 19 April 2024
Selular.ID -

Gandeng Texas Instrument, Meizu Garap Prosesor Sendiri ?

BACA JUGA

MeizuJakarta, Selular.ID – Seolah tidak ingin bergantung dengan chipset buatan pihak ketiga, satu per satu vendor smartphone asal Tiongkok mulai mengikuti langkah Apple dan Samsung untuk membuat prosesor sendiri. Bila sebelumnya ada Huawei dan Xiaomi, Meizu disebut akan menyusul kemudian.

Seperti dikabarkan oleh laman situs Gizchina, Meizu juga disebut-sebut juga akan memproduksi prosesornya sendiri. Berdasarkan informasi yang tersaji, dalam rangka mewujudkan rencananya itu, Meizu disebut menggandeng Texas Instrumen yang tak lain adalah perusahaan semikonduktor asal Amerika Serikat.

Banyak alasan yang mungkin ada di benak vendor smartphone ketika mereka memilih untuk memiliki chipset sendiri. Dengan menggarap prosesor sendiri, setidaknya vendor smartphone memiliki control penuh atas chipset yang digarapnya dan mengetahui persis bagaimana mengoptimalkan kinerja chipset di perangkatnya.

Selain itu, dengan memiliki chipset sendiri untuk perangkatnya, vendor smartphone juga tidak lagi bergantung dengan chip buatan pihak ketiga. Selain harganya mungkin bisa lebih mahal, ketergantungan terhadap chip pihak ketiga juga tak jarang menyebabkan keterlambatan, baik pada proses produksi maupun jadwal peluncurannya.

Untuk saat ini, dua produsen smartphone asal Tiongkok sebagaimana disebut di atas, yakni Huawei dan Xiaomi telah memiliki chipset sendiri. Huawei, bahkan telah menggunakan chip besutannya, yakni Kirin di sejumlah smartphone-nya. Adapun Xiaomi baru-baru ini dikabarkan telah meluncurkan chipset sendiri bernama Surge.

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU