Beranda Apps Google Belah Aplikasi Hangout Jadi Dua Layanan

Google Belah Aplikasi Hangout Jadi Dua Layanan

-

Hangout
Jakarta, Selular.ID – Awal tahun Google pernah mengumumkan bahwa pada tanggal 25 April mendatang mayoritas aplikasi pihak ketiga yang menggunakan Hangout akan dimatikan. Perusahaan mengatakan tidak berrencana untuk menutup Hangout dan mengungkap bahwa mereka tengah meramu pengalaman baru untuk aplikasi yang fokus pada meeting (rapat).

Pekan ini, Google menegaskan bahwa ia telah memutuskan untuk membagi Hangout menjadi dua aplikasi terpisah: Meet dan Chat. Aplikasi Meet adalah layanan video konferensi rapat yang akan memudahkan pengguna bergabung ke sebuah pertemuan, sedangkan Chat adalah aplikasi chatting yang ditujukan untuk grup.

Layanan baru tersebut akan mendukung video konferensi sampai 30 orang dan tidak mengharuskan pengguna membuat akun atau mengunduh apa-apa. Pengguna yang ingin berpartisipasi dalam video konferensi cukup bergabung melalui link bersama.

Hangout Meet juga memungkinkan pengguna untuk bergabung dengan video konferensi dari Calendar, undangan email atau ketika mereka menerima link bersama. Layanan video terintegrasi dengan G Suite, sehingga pengguna akan mendapat semua info tentang setiap rapat secara otomatis karena ditarik dari kalender.

Layanan kedua diperkenalkan oleh Google adalah Hangout Chat, yang dirancang khusus untuk tim. Hadir dengan kamar virtual yang memungkinkan percakapan berulir. Sama seperti Meet, Chat juga terintegrasi dengan G Suite, sehingga pengguna akan dapat berbagi konten dari Drive dan Docs, serta foto dan video, yang dapat dilihat dalam percakapan.

Hangout Chat hadir dengan beberapa fitur seperti bot, dukungan Google App Script, dan integrasi dengan aplikasi pihak ketiga. Secara khusus, layanan menampilkan bot cerdas disebut @meet, yang dibangun di atas platform Hangout dan menggunakan pengolahan bahasa alami, serta mesin pembelajaran yang secara otomatis menjadwalkan pertemuan.

Menurut Google, layanan baru Hangout Meet mulai tersedia pekan ini, dan akan diluncurkan secara bertahap ke semua pengguna G Suite selama beberapa minggu ke depan. Sementara Hangout Chat belum tersedia.

Jika Anda ingin mencoba Hangout Chat bisa registrasi sebagai pengguna awal melalui Early Adopter Program yang disediakan Google.

Buyer's Guide

Samsung Galaxy A21s Kini Tampil dengan Warna dan Memori...

Jakarta, Selular.ID - Samsung Indonesia kembali menghadirkan varian baru dari Galaxy A21s. Perangkat lini...

7 Smartphone Xiaomi dengan Fast Charging Hingga 65W

Jakarta, Selular.ID – Bulan lalu kami menghadirkan panduan belanja tujuh smartphone Xiaomi dengan fitur...

5 Smartphone Oppo dengan Quad Camera Terbaik

Jakarta, Selular.ID -   Kamera kini menjadi salah satu fitur penting dalam memilih sebuah smartphone....

Smartphone Refresh Rate 90Hz Harga Rp2 Jutaan

Jakarta, Selular.ID - Bagi penggemar game mobile, teknologi refresh rate sangat diperlukan supaya bisa...

Xiaomi Redmi 9 Lunar Gold Meluncur di Indonesia

Jakarta, Selular.ID - Xiaomi kembali merilis anggota baru dari jajaran Redmi 9 Series. Perangkat...

Oppo Reno4 Pro Banting Harga

Jakarta, Selular.ID - Memasuki bulan November, dua ponsel Oppo mendapat penyesuaian harga. Baru diluncurkan...

Artikel Terbaru

Kategori Terkait