Beranda News Security Aplikasi Keamanan Ini Proteksi Perangkat Yang Terhubung WiFi

Aplikasi Keamanan Ini Proteksi Perangkat Yang Terhubung WiFi

-

avast-wifi-finder

Jakarta, Selular.ID – Ratusan juta perangkat masih rentan disusupi peretas saat terkoneksi ke internet, terutama melalui WiFi. Para peretas kini lebih mahir dalam memanipulasi perangkat yang terkoneksi untuk tujuan jahat seperti memata-matai pengguna, mencuri informasi rahasia, atau menggunakan perangkat sebagai senjata cyber untuk melakukan serangan massal.

Dalam lingkup internet of things (IoT), router menjadi perangkat yang vital namun tidak diimbangi fitur keamanan yang kuat. Data Avast menunjukkan bahwa lebih dari 40 juta pengguna di seluruh dunia menggunakan router yang lemah terhadap serangan cyber. Padahal router menjadi pusat koneksi dari semua perangkat yang terkoneksi internet.

“Dalam beberapa bulan terakhir, kami melihat adanya peningkatan dalam jumlah serangan oleh botnet dalam skala besar yang menyusup ke perangkat-perangkat Internet of Things dan router yang tidak dilindungi,” kata Gagan Singh, SVP & GM Mobile Avast.

Untuk memproteksi router, Avast telah merilis sebuah fitur baru yaitu aplikasi Avast Wi-Fi Finder untuk Android yang membantu pengguna melindungi jaringan dan perangkat-perangkat IoT-nya.

Ketika terkoneksi ke Wi-Fi, Avast Wi-Fi Finder mencari tahu perangkat mana yang terkoneksi ke jaringan, melakukan evaluasi keamanan router dari entry point hingga ke jaringan, dan kemudian mengidentifikasi kelemahan-kelemahan yang ada pada perangkat yang terkoneksi tersebut.

Setelah kerentanan teridentifikasi, Avast Wi-Fi Finder akan menuntun pengguna dengan instruksi-instruksi remediasi, seperti membuat password yang kuat untuk memperkuat keamanan jaringan dan perangkat yang mereka gunakan.

Update Avast Wi-Fi Finder untuk pengguna Android akan tersedia sekitar bulan Juli hingga Agustus mendatang.

Artikel Terbaru