Beranda News E-Commerce Saingi Android Pay, Samsung Pay Akan Tersedia Untuk Semua Android

Saingi Android Pay, Samsung Pay Akan Tersedia Untuk Semua Android

-

loyalty-kvJakarta, Selular.ID – Berhadapan langsung dengan Android Pay, Samsung Pay terbilang kalah telak. Pasalnya, sistem pembayaran digital miliknya tidak bisa digunakan secara masif karena tersedia eksklusif untuk handset premium besutannya saja, seperti Galaxy S Series dan Note Series.

Memantau penetrasi Android Pay yang dirumorkan segera rilis di Korea Selatan dan peluncuran LG Pay yang masih tertunda, Samsung pun mengubah strategi. Tidak lagi eksklusif, perusahaan segera menyajikan Samsung Pay untuk semua perangkat dengan platform Android, tidak lagi terbatas pada handset merek Samsung.

Dilansir Selular.ID dari ZDNet (2/2/2017), aplikasi mengusung nama Samsung Pay Mini, dikabarkan segera rollout di negara asal vendor, Korea Selatan pada kuartal pertama tahun ini. Layanan memungkinkan pengguna untuk melakukan transaksi menggunakan kartu kredit dan debit secara offline dari smartphone atau smartwatch Android mereka.

Berbeda dengan Samsung Pay yang dikhususkan untuk handset merek Samsung, Samsung Pay Mini akan bekerja pada perangkat Android yang dibuat oleh produsen lain juga. Syaratnya, platform Android minimal versi 5.0 Lollipop dengan resolusi layar handset minimal HD (720x1280p) serta pengguna wajib mengunduh aplikasi Samsung Pay Mini di Play Store.

Versi original Samsung Pay memungkinkan transaksi dilakukan secara online melalui NFC. Jika pihak pengecer tidak mendukung NFC, pengguna Samsung Pay masih bisa membayar melalui kartu kredit atau debit secara offline dengan menggunakan Magnetic Secure Transmission (MST), teknologi serupa yang digunakan oleh toko retail untuk menggesek kartu kredit.

Sementara Samsung Pay Mini tidak mendukung fitur NFC. Layanan hanya bekerja dengan MST.

Selain di Korea, Samsung mengatakan layanan akan diluncurkan di negara-negara lain, meskipun belum ada daftar negara yang diputuskan.

Pada tanggal 6 Februari, versi demo dari aplikasi Samsung Pay Mini akan tersedia dari Google Play Store Korea.

Seperti diketahui Samsung Pay pertama diluncurkan pada akhir 2015 di Korsel kemudian meluas ke sejumlah negara termasuk Amerika Serikat dan Singapura.

Sayangnya, hingga sekarang, baik Android Pay maupun Samsung Pay belum tersedia di Indonesia.

Artikel Terbaru