Friday, July 19, 2019
Home News Line Sediakan Platform Mudahkan Developer Garap ChatBot

Line Sediakan Platform Mudahkan Developer Garap ChatBot

-

line

Jakarta, Selular.ID – Hampir semua layanan pesan instan kini tengah gencar mengadopsi tren chatbot. Line pun tidak mau ketinggalan. Layanan messaging dari Jepang ini bahkan mengadakan kompetisi terbuka bagi pengembang Line ChatBot melalui messaging API di Line Developer Challenge.

Ada dua kategori dalam kompetisi ini. Pertama, ‘Utillitas’ Untuk bot yang membuat tugas sehari-hari lebih mudah dan membuat hidup manusia menjadi lebih bermanfaat. Misalnya bot untuk melakukan pencarian atau reservasi. Penghargaan akan diberikan kepada pengembang bot yang menunjukkan potensi tinggi untuk diadopsi oleh pengguna. Sementara itu, ada juga kategori ‘Game’ yang mengharuskan pengembang game bot membuat game yang interaktif dan dapat menciptakan kedekatan antar pengguna.

“Kami buat kompetisi lewat smartphone untuk mendekatkan antar pengguna. Line tidak hanya provide messaging doang, tapi juga menawarkan bot agar user bisa beraktivitas dengan bot tersebut,” ujar Matthew Tanudjaja, Global Engineer Line Indonesia, saat interview eksklusif di kantor pusatnya, di Jakarta, Jumat (17/2/2017). “Dengan messaging API, Line akan provide developer supaya bisa memasarkan produk mereka ke masyarakat Indonesia.”

Matthew menjelaskan, messaging API baru mencakup tiga jenis pesan yaitu Confirm Type, Button Type dan Carousel Type. Confirm Type memungkinkan chatbot untuk memberikan pertanyaan sekaligus tombol jawaban “ya” atau “tidak”, sehingga pengguna bisa lebih mudah merespon terhadap undangan acara dan lain sebagainya. Yang paling populer di kalangan developer adalah Carousel Type, karena format scrolling horizontal sehingga beragam konten sekaligus bisa ditampilkan.

Dengan menghadirkan lebih banyak lagi jenis pesan unik. pengguna bisa lebih mudah berkomunikasi dengan chatbot, apalagi mengingat chatbot yang dikembangkan dengan API baru ini juga bisa digunakan dalam group chat. Sehingga informasi dan konten dapat di-share dengan berbagai pihak.

Line Developer Challenge terbuka bagi para developer tanah air baik individu, pelajar, maupun kelompok. Pendaftaran kompetisi telah dibuka sejak 2 Februari 2017 dan ditutup pada 31 Maret 2017, sedangkan pengumuman pemenang akan dilaksanakan pada 8 April 2017.

Bagi pemenang di kompetisi ini, developer bakal mendapat kontrak kerjasama dengan Line untuk menyediakan konten di aplikasi. “Satu tahun pertama deveoper akan serve konten ke Line. Selanjutnya, terserah mereka apakah mau provide di lainnya juga. Tapi selama di Line, channel ID dan haki tetap milik developer,” ujar Matthew.

Latest