Friday, August 23, 2019
Home Devices Hands-On Xiaomi Redmi 4A: Ponsel 4G Murah Kualitas Biasa

Hands-On Xiaomi Redmi 4A: Ponsel 4G Murah Kualitas Biasa

-

xiaomi redmi 4a

Jakarta, Selular.ID – Xiaomi Redmi 4A merupakan smartphone 4G pertama dari perusahaan yang diproduksi di pabrik Batam, Indonesia. Setelah menaati regulasi TKDN, Xiaomi langsung menerjunkan Redmi 4A untuk kembali merumput di pasar kelas bawah. Harganya pun Rp 1,5 juta. Apa keunggulan Redmi 4A yang dipersiapkan Xiaomi kali ini? Berikut segelintir spesifikasinya yang Selular.ID coba saat peluncuran resminya:

Desain
Xiaomi tidak banyak membawa perubahan desain di ponsel 4G ini. Sejenak melihat dari jauh, tampak ponsel ini dibalut dengan casing metal, namun sayangnya bukan. Bila berpikir ini mempunyai material logal, sebenarnya Anda tertipu. Ponsel ini terbuat dari plastik yang dicat untuk menampilkan kesan seperti tekstur logam. Panel depan terdapat earpiece, kamera depan, layar sentuh kapasitif berukuran 5 inci HD, LED notifikasi, dan tiga buah tombol kapasitif khas Android yang terdiri dari Recent Apps, Home, dan Back. Kualitas layar IPS 720 pixel biasa saja. Tak ada perlindungan anti gores apa pun pada layar.

Sisi belakang terdapat LED flash, kamera utama, logo Xiaomi, dan speaker grill. Sedangkan tombol volume rocker dan tombol power pada sisi kiri ponsel. Sisi kanan terdapat slot hybrid (SIM card & microSD). Slot ini bisa diakses dengan bantuan SIM ejector yang ada di paket pembelian. Pada atas ponsel 4G Redmi 4A ini terdapat lubang microphone dan port audio 3,5mm. Sisi bawah terdapat microphone dan port microUSB. Berhubung Redmi 4A ini mengusung desain unibody, maka baterai tidak bisa dilepas.

IMG_20170210_172520
IMG_20170210_172524

Hardware & Performa
Untuk dapur pacunya, ponsel Xiaomi rasa Indonesia ini dibekali prosesor Qualcomm Snapdragon 425 quad-core 64 bit, RAM 2 GB, ROM 16 GB, sudah mendukung 4G dan VoLTE, dan baterai 3120 mAh yang bisa bertahan tujuh hari dengan keadaan standby.

Kamera
Tak ada yang spesial di kamera Redmi 4A. Masih memiliki kekuatan kamera 13MP dan 5MP seperti smartphone kebanyakan. Kamera Redmi 4A memiliki kualitas yang hampir sama persis seperti Redmi 3. Fitur-fiturnya pun masih standar seperti LED Flash, bukaan lensa 2.0, HDR, dan PDAF. Saat redaksi mencoba menjepret melalui kamera belakang, autofocus itu terlalu lambat untuk sampai di objek.

Sementara itu kualitas standar juga ditunjukkan oleh kamera depan. Dengan kamera depan 5MP, hasil foto selfie tidak bisa menangkap foto secara detail bahkan dalam pencahayaan yang sangat bagus.

xiaomi redmi 4a

Software
Redmi 4A sudah mengadopsi antarmuka MIUI 8. uniknya, MIUI 8 mendukung fitur Dual apps yang artinya aplikasi yang membutuhkan akun untuk masuk dapat di cloning menjadi aplikasi yang sama sehingga dapat digunakan untuk akun lainnya. Pengguna akan dapat menggunakan akun BBM, Whatsap, Facebook dll sebanyak 2 akun dalam satu perangkat yang sama. Fitur ini sama yang disematkan Cooldpad pada smartphone besutannya dengan nama Dual space.
xiamo redmi 4a

Latest