Sabtu, 20 April 2024
Selular.ID -

Startup Lokal Sonar Targetkan Bidik Pasar Internasional Tahun Ini

BACA JUGA


Jakarta, Selular.ID – Sonar, startup lokal binaan Indigo yang bergerak dibidang analitik dan monitoring media digital serta big data menargetkan dapat melakukan ekspansi ke luar negeri pada tahun ini terutama kawasan regional, seperti Filipina, Singapura, Malaysia, dan Australia.

Hal itu diungkapkan, Amien Krisna, Chief Executive Office (CEO) Sonar, menurut Amien Sonar saat ini telah memiliki 29 klien yang umumnya berasal dari perusahaan  di tanah air dan atau perusahaan multinasional yang beroperasi di Indonesia.

“Kami baru saja deal dengan Indosat dan Home Credit. Eksisting customer lainnya antara lain XL Axiata, Pertamina, Bank Indonesia, Microsoft, Hewlett Packard, Freeport, dan Air Asia. Tahun ini, kami targetkan bisa ekspansi ke luar negeri,” kata Amien.

Menurut Amien sejak dua tahun berdiri dengan jejaring pemasaran yang sudah ada, pihaknya yakin mampu berekspansi ke luar negeri.

Selain itu, Sonar juga memiliki jaringan dengan perusahaan telekomunikasi milik Pemerintah yang diperoleh dari inkubator Indigo Creative Nation. Kerjasama terutama dengan divisi digital service, guna menganalisa big data dari pekerjaan Kementerian Pariwisata (Kempar) dan Kementerian Perhubungan (Kemhub).

“Kami dilibatkan dalam analisa big data terkait arus Lebaran, demikian pula Kempar, sehingga dasar keputusan bisa lebih kuat diambil. Dalam waktu dekat, kami juga akan dipertemukan dengan Telkomsel,” ujar Amien.

Jejaring tersebut juga dilengkapi dengan proses mentoring yang dinilainya handal dan bermanfaat, selain tentunya ada injeksi modal signifikan. Dengan klasifikasi market validation pada tahun 2016 lalu, Indigo memberikan dana sebagai kompensasi saham minoritas maksimal Rp2 miliar.

Sonar sejak awal juga telah bekerjasama langsung dengan Twitter Inc, sehingga proses pengambilan data percakapan langsung dari sistem internal perusahan berlogo burung biru tersebut bukan sekedar menangkap dari peranti lunak penyambung.

“Ini membuat kami bisa lebih cepat melaporkan apa yang terjadi di media sosial kepada klien kami, mulai dari trending pembicaraan, respon, hingga analisa sentimen yang muncul. Kami bisa sajikan maksimal satu jam setelah data dicuplik,” ungkap Amien.

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU