Thursday, July 18, 2019
Home Apps Pantau Real Count Pilkada Lewat Aplikasi

Pantau Real Count Pilkada Lewat Aplikasi

-

IMG_20170113_092304Jakarta, Selular.ID – Jelang pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2017 pada 15 Februari, aplikasi Kawal Pilkada kembali live mulai hari ini. Dengan aplikasi ini, publik bisa melihat hasil pemungutan suara secara real count.

Pembuat aplikasi Khairul Anshar mengumumkan hal tersebut di akun Facebook dan Twitter miliknya. Khairul menulis aplikasi Kawal Pilkada versi terbaru sudah dideploy ke Google Play Store dan Apple Store.

Melalui aplikasi Kawal Pilkada, pengguna bisa mengecek apakah dirinya sudah terdaftar di DPT (daftar pemilih tetap) atau belum, serta berpartisipasi meng-input hasil pencoblosan di tempat pemungutan suara (TPS) masing-masing.

Untuk mengecek TPS, pengguna cukup memasukkan NO KTP untuk mengetahui apakah Anda sudah terdaftar di DPT atau belum.

Untuk input hasil pencoblosan, pengguna aplikasi bisa memfoto C1 Plano (C4) dan mengisi data perolehan suaranya langsung dari TPS. Dengan begitu, bisa melakukan real count.

Khairul memaparkan bahwa Kawal Pilkada membutuhkan bantuan dari warga agar proses penghitungan real count dapat terlaksana.

“Kami butuh bantuan untuk mengajak warga Jakarta agar mau memotret form C1/C1 Plano langsung dari TPS. Bila jumlah relawan tersebut tercapai, ini bisa menjadi sejarah real count tercepat,” tulis Khairul di Facebook (12/1/2017).

Karena keterbatasan sistem, saat ini Kawal Pilkada baru mencakup jalannya Pilkada DKI Jakarta.

 

IMG_20170113_092329
Proses Pilkada 2017 sendiri akan dilakukan di 7 provinsi, 76 kabupaten, dan 18 kota secara bersamaan pada 15 Februari mendatang.

Latest