Wednesday, September 18, 2019
Home News Sekarang, Gamelan Bisa dimainkan di iPad

Sekarang, Gamelan Bisa dimainkan di iPad

-

e-gamelan

Jakarta, Selular.ID – Untuk mencegah hilangnya musik gamelan di era digital, Sekarang Gamelan Bisa dimainkan di iPad. Sekelompok mahasiswa Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang dan Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat (Keraton Solo) mengambil terobosan dengan menciptakan aplikasi e-gamelan. Dengan aplikasi tersebut, alat musik tradisional itu kini bisa dimainkan dari tablet PC, khususnya iPad.

Dalam keterangan yang dikutip melalui situs resmi e-gamelan Kanjeng Pangeran (KP) Edy S Wirabhumi Kerabat Keraton Solo mengatakan, program tersebut sebagai upaya untuk lebih mengenalkan seni budaya gamelan ke masyarakat dunia.

Selain itu, menjadi bentuk kepedulian untuk memudahkan anak-anak muda untuk lebih mengetahui tentang gamelan dan belajar mengenai gamelan.

“Upaya digitalisasi gamelan ini karena tuntutan mengingat perembangan teknologi yang saat ini sangatlah cepat. Sehingga perlu melestarikan salah satu alat musik tradisonal tentunya dengan cara yang tepat,” ujar Edy

Sementara Tyas Catur Pramudi Koordinator tim e-Gamelan menuturkan, gamelan elektronik diciptakan secara berkala. Untuk memperoleh suara gamelan secara baik, timnya pertama kali melakukan proses perekaman gamelan pusaka dari Keraton Surakarta dan Yogyakarta. Dua keraton itu dinilai sebagai simpul pelestari gamelan yang masih ada hingga saat ini.

“Tujuan kami ingin meningkatkan sikap afektif anak muda, sehingga bisa diarahkan mengenal gamelan,” kata Catur.

Catur mengatakan, pengembangan gamelan elektornik menjadi penting lantaran saat ini semakin jarang ditemukan. Selain itu, gamelan relatif mahal, serta tidak semua pihak memiliki.

Dalam kesempatan ini, beberapa alunan gamelan, antara lain lanturan Saron, Peking, Bonang Barung, Bonang Penerus, Gong, Kenong, Demung dan Slenthem. Semua suara itu disetel dari dalam layar tablet iPad.

Latest