BerandaNewsJobplanet Umbar Daftar Perusahaan & Startup Populer di 2016

Jobplanet Umbar Daftar Perusahaan & Startup Populer di 2016

-

IMG_20161215_141130

Jakarta, Selular.ID – Selama setahun, Jobplanet mengadakan survei dan riset untuk mengetahui perusahaan-perusahaan terbaik di Indonesia tahun 2016. Agar hasilnya akurat, platform online untuk jobseeker ini melibatkan sebanyak 470 ribu orang karyawan dan 43.200 perusahaan yang juga merupakan pengguna Jobplanet yang tersebar di seluruh Indonesia.

Kelompok perusahaan dalam kelompok kategori berdasarkan jenis perusahaan dibedakan berdasarkan skala usaha dan jumlah karyawan. Di sini, Jobplanet mengelompokan jenis perusahaan menjadi dua, yaitu korporasi dan startup.

Mengacu pada hasil riset, Jobplanet menemukan bahwa korporasi-korporasi yang masuk dalam daftar perusahaan terbaik bergerak di bidang perbankan, manufaktur, minyak dan gas, telekomunikasi, serta media. Salah satu hal yang menarik untuk disorot adalah Kementerian BUMN (Badan Usaha Milik Negara) dan beberapa perusahaan BUMN masuk dalam daftar perusahaan korporasi terbaik.

Sementara, daftar perusahaan startup terbaik didominasi oleh e-commerce. Antara lain Sale Stock, Blibli.com, Traveloka, dan Tokopedia.

Selain berdasarkan jenis perusahaan, survei ini juga membagi perusahaan-perusahaan ke dalam beberapa kategori lain seperti industri (telekomunikasi, keuangan dan perbankan, pariwisata, otomotif), dan berdasarkan penilaian karyawan terhadap aspek dalam pekerjaan (jenjang karir, work-life balance, budaya perusahaan, manajemen, serta gaji dan tunjangan). Hasil studi ini diharapkan dapat membantu perusahaan dalam mengukur kualitas dan tingkat kepuasan karyawan.

“Tingkat kepuasan karyawan membawa pengaruh signifikan terhadap kualitas kerja perusahaan. Selama ini, gaji dan tunjangan dianggap faktor utama untuk menimbulkan kepuasan kerja,” kata Kemas Antonius, Chief Product Officer Jobplanet Indonesia, saat memaparkan hasil riset di Le Meridien Hotel, Jakarta, Kamis (15/12/2016).

Artikel Terbaru