Apple Dapat Kado Akhir Tahun Dari Nokia

Nokia_vs_AppleJakarta, Selular.ID – Jelang akhir 2016, Apple mendapat kado tutup tahun yang kurang menyenangkan. Yup, diakhir tahun 2016 ini Apple mendapat bingkisan akhir tahun berupa tuntutan hukum dari Nokia. Vendor yang tahun 2017 nanti rencana akan kembali ke industri ponsel itu, menilai Apple telah melanggar beberapa paten miliknya.

Tidak tanggung-tanggung, Menurut Nokia, ada 32 hak kekayaan intelektual yang dipakai Apple tanpa seizin perusahaan asal Finlandia tersebut. Bebarapa paten yang diduga dilanggar antara lain, teknologi display, user interface, software, antena, cipset, dan video coding.

Sebagaimana dilansir Telecom Lead, Ilkka Rahnasto, Head of Patent Business Nokia Ilkka Rahnasto, menuturkan pihaknya terpaksa menggambil langkah hukum, lantaran Apple menolak tawaran kami hak paten. “Nokia sudah memberi opsi terbaik untuk menyelesaikan masalah paten ini, tapi Apple menolak tawaran yang kami berikan,” ucapnya.

“Padahal kami sudah bernegosiasi dalam beberapa tahun ini. Kami mengambil tindakan untuk memperjuangkan hak kami,” timpal Rahnasto.

Sebagai info, Nokia mengajukan tuntutan pelanggaran 32 paten teknologi terhadap Apple di Munchen, Jerman dan Texas, AS. Nokai sendiri diketahui, telah menghabiskan investasi sebesar 115 miliar euro untuk mengembangkan teknologi selama 20 tahun terakhir. Paten yang dimilikinya telah banyak digunakan untuk teknologi smartphone, tablet, PC, dan perangkat sejenis lainnya.