Jakarta, Selular.ID – Omzet perdagangan online akan terus meningkat sejalan dengan pertumbuhan ekonomi, perubahan gaya konsumsi masyarakat, dan tentunya jaringan layanan data yang kian mapan.
Tak bisa dipungkiri bahwa budaya belanja online, terutama di event-event istimewa seperti Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas), telah menghinggapi masyarakat Indonesia terutama kelas menengah dan atas di kota-kota utama. Dengan alih-alih menumbuhkan minat daya beli masyarakat, para pelaku e-commerce berlomba-lomba menawarkan promo yang menarik. Alhasil, ini yang memicu gaya hidup konsumtif karena banyak orang yang memilih belanja di momen ini ketimbang hari biasa, dengan dalih harga lebih murah.
“Kalau soal lebih konsumtif, saya rasa itu bolak-balik. Karena dari sisi masyarakat Indonesia sendiri, mereka suka yang namanya voucher dan potongan harga. Di lain pihak, kita ingin event (Harbolnas) ini orang bisa lebih cermat untuk belanja online. Apabila Anda bisa belanja sambil menabung, kenapa tidak? Apalagi sekarang banyak barang yang tidak bisa didapatkan di daerah nah mereka memanfaatkan momen ini untuk belanja,” kata Indra Yonathan, Country General Manager ShopBack Indonesia.
Di ShopBack sendiri, Yonathan mengatakan, konsumen bisa sambil menabung. Yakni uang pembelian yang telah dipotong cashback bakal ditransfer ke rekening pembeli. Berbeda dengan e-commerce lain, bisnis online ShopBack memang menawarkan reward cashback saat pengguna berbelanja
“Jika mereka konsumtif, mereka bisa sambil menabung,” katanya.