Beranda Review Smartphone & Gadget Terlengkap Review Xiaomi Redmi 3 Prime: Koneksi 3G, Spesifikasi Mumpuni

Review Xiaomi Redmi 3 Prime: Koneksi 3G, Spesifikasi Mumpuni

-

Xiaomi-Redmi-3-Prime

Jakarta, Selular.ID – Melengkapi seri Redmi, Xiaomi merilis smartphone dengan nama yang sama namun dengan embel-embel Prime dibelakangnya pada pasar Indonesia. Dibanderol dengan harga yang Rp2,6 juta smartphone ini membawa spesifikasi yang cukup gahar salah satunya pada prosesor yang cepat dan kapasitas RAM yang cukup besar.

Desain
Xiaomi nampaknya tidak banyak memiliki ide untuk baru untuk mendesain produk mereka. Karena melihat bentuknya Xiaomi Remi 3 Prime sama persis dengan Xiaomi Redmi Note 3 yang sebelumnya kami review. Berbedaan mendasar adalah pada dimensinya yang lebih kecil, ini karena Redmi 3 Prime memiliki layar 0,5 inci lebih kecil dibandingkan Note 3.

Sama-sama menggunakan material metal (Magnesium Alloy & Alumunium Alloy) pada bodi membuat bodi terasa kokoh nampak nampakl. Sayangnya tidak seperti Redmi Note 3, redmi 3 Prime tidak dilapisi dengan Scracth-resistant glass pada bagian layar kacanya.

Secara garis besar penggunaan Redmi 3 Prime sangat nyaman digenggam, dan digunakan karena bentuknya pas dengan ukuran tangan orang Asia. Sayangnya lapisan permukaan pada bodi dibuat licin, sehingga pengguna harus lebih hati-hari tergelincir saat ditangan.

Pada bagian depan seperti pada smartphone Xiaomi lainnya, Anda hanya menemukan beberapa sensor dan kamera depan diatas layar. Dibawah layar Xiaomi juga meletakan 3 tombol capasitive (back, recent dan menu) yang dilengkapi dengan backlight, sehingga dapat digunakan pada ruang gelap.

Dengan bazel yang terbilang tipis membuat layar terasa lebih lebar meski hanya 5.0 inci. Pada bagian belakang Xiaomi masih membenamkan sensor sidik jari yang dengan kamera utama dan flash. Dibawahnya terdapat logo Xiaomi dan lubang speaker. Tombol volume dan tombol power tersedia disebelah kanan ponsel. Port microUSB dapat anda temukan pada bagian bawah. Sedangkan untuk Port audio 3.5 mm.

Selanjutnya>>

[nextpage title=”MIUI”]
MIUI
Tampil dengan layar 5 inci, Xiaomi Remi 3 Prime mampi memancarkan gambar dnegan resolusi HD (1280×720) dengan layar jenis IPS membuat sudut pandang pada layar terbilang luas dan nyaman untuk digunakan. Untuk tampilan yang dipancarkan cukup jelas dan terang, pada warna hitam jga terlihat pekat sehingga nyaman dimata.

interface

Di saat banyak smartphone baru sudah menggunakan OS Android Marsmallow, sayang Xiaomi Redmi 3 Prime beru menggunakan sistem operasi Android OS, v5.1 (Lollipop), beruntung penggunanya tidak hanya diberikan OS android murni, karena Xiaomi telah melapisinya dengan interface MIUI versi 7.5.

Dengan tampilan MIUI membuat smartphone ini hampir persis dengan iOS. Memiliki ikonik yang menarik dan animasi pada setiap transisinya. MIUI tidak menggunakan app drawer, sehingga semua aplikasi bisa anda temukan pada homescreen.

feature

Untuk Tampilan bar notifikasi dan akses notifikasi di lockscreen sama seperti smartphone Xiaomi launnya. Dimana tampilan lockscreen tampil dengan fungsi membuka kunci layar dengan mengusap ke atas. Sedangkan saat mengusap dari kanan ke kiri untuk langsung mengakses kamera. Pada area ini juga pengguna akan melihat informasi dan notifikasi.

Jika pengguna menginginkan tampilan yang lebih personal, dapat memadukan tema-tema yang ada yang tersedia untuk didownload langsung pada menu yang tersedia.

Selanjutanya>>

[nextpage title=”Fingerprint”]
Fingerprint
Seperti tren smartphone saat ini, Xiaomi sedang gemar-gemarnya membenamkan fitur yang satu ini. Seperti pada Note 3, redmi 3 Prime juga memiliki sensor fingerprint. Dengan fitur ini maka smartphone akan terjaga keamanannya saat pengguna lain ingin menggunakannya.

feature2

Secara kinerja respon dari sensor fingerprint yang dimilikinya cukup responsif, kurang dati 1 detik, sidik jari dapat dikenali dengan baik dan mampu digunakan untuk membujka kunci layar. Sayangnya tidak seperti smartphone lain yang dapat menggunakan sensor fingerprint untuk mengakses beberapa fitur, di Xiaomi Redmi 3 Prime tidak memiliki fitur tersebut.

Selanjutnya>>

[nextpage title=”Performa”]

Performa
Untuk mendukung kinerjanya, Redmi 3 Prime juga dilengkapi dengan chipset prosesor Qualcomm Snapdragon 616 dengan CPU Octa-core kecepatan 1,5GHz. Tak hanya sampai disitu, Redmi 3 Prime juga hadir dengan memori RAM 3GB dan memori internal 32GB. Pengguna juga masih dapat menambahkan memori tambakan melalui slot memori eksternal yang tersedia hingga 128GB.

antutu

Redmi 3 Prime memiliki baterai yang lebih besar 100mAh dibandingkan dengan Xiaomi Note 3. Dnegan kapasitas kapasitas baterai 4100mAh. Dengan kapasitas ini maka Xiaomi redmi 3 Prime mengklaim mampu bertahan hingga dua hari dengan penggunaan sehari-hari. Berkat spesifikasi yang dimilikinya, membuat performa Redmi Note 3 cukup bisa diandalkan.

Saat kami menggunakan banyak aplikasi sekaligus, smartphone ini dapat menjalankannya tanpa ada masalah. begitu juga saat kami memainkan game sekelas Aspalt8:Airborne. Game mampu dijalankan dengan lancar tanpa kami temukan lag. Pengujian lainya kami lakukan dengan menggunakan aplikasi antutu bechmark, dengan aplikasi ini Xiaomi Redmi 3 Prime mampu mendapatkan skor 26 ribu-an.

fitur2

Dengan kapasitas baterai yang dimilikinya, kemampuan daya tahan smartphone ini terbilang tahan lama. hal ini terbukti bahwa, Redmi 3 Pro mampu digunakan hingga seharian penuh. Untuk pengisian baterai, Xiaomi juga menambahkan fitur fast charging. Dengan fitur ini ponsel dapat mengisi daya penuh selama 3 jam. Hal ini termasuk cukup cepat dengan kapasitas sebesar itu.

Selanjutnya>>

[nextpage title=”Kamera”]

Kamera
Beralih ke fitur kamera, seperti pada Xiaomi Note 3, di Redmi 3 Prime juga sama-sama menggunakan kamera dengan resolusi 13 megapixel yang dilengkapi LED flash dan PDAF (phase detection auto focus) untuk fokus yang lebih cepat. Sedangkan untuk kamera depan sudah memiliki resolusi 5MP.

kamera

Didalamnya hanya ada beberapa fitur seperti 12 efek yang dapat mengubah gambar menjadi lebih atraktif. Mode HDR dapat digunakan untuk membantu pengguna dalam mengambil gambar pada kondisi low light. Ada juga mode manual bagi anda yang suka mengsetting sendiri pengaturan pada kamera. Lalu ada juga beautify yang dapat digunakan untuk memperhalus wajah saat menggunakan foto selfie. Selain masih lagi modus panorama untuk mengambil objek yang lebih luas.

Featue2

Secara garis besar, kualitas kamera mampu menghasilkan foto yang cukup baik apalagi pada kondisi pencahayaan yang terang seperti pada outdoor pada siang hari. Foto yang dihasilka cukup detal dan jelas. Sayangnya saat digunakan untuk mengambil gambar pada pencahayaan yang kurang, hasilnya menjadi kurang memuaskan. Karena kami masih menemukan banyak noise pada beberapa bagian.

Konektivitas
Xiaomi Redmi 3 Prime mempunyai kemampuan dual SIM dual, sayangnya hanya mampu terkoneksi pada jaringan Selular 3G. namun begitu Xiaomi masih membenamkan beberapa Fitur konektivitas lainnya seperti WiFi 802.11ac, Bluetooth 4.0, GPS/GLONASS, dan USB OTG.

internet

Buyer's Guide

Samsung Galaxy A21s Kini Tampil dengan Warna dan Memori...

Jakarta, Selular.ID - Samsung Indonesia kembali menghadirkan varian baru dari Galaxy A21s. Perangkat lini...

7 Smartphone Xiaomi dengan Fast Charging Hingga 65W

Jakarta, Selular.ID – Bulan lalu kami menghadirkan panduan belanja tujuh smartphone Xiaomi dengan fitur...

5 Smartphone Oppo dengan Quad Camera Terbaik

Jakarta, Selular.ID -   Kamera kini menjadi salah satu fitur penting dalam memilih sebuah smartphone....

Smartphone Refresh Rate 90Hz Harga Rp2 Jutaan

Jakarta, Selular.ID - Bagi penggemar game mobile, teknologi refresh rate sangat diperlukan supaya bisa...

Xiaomi Redmi 9 Lunar Gold Meluncur di Indonesia

Jakarta, Selular.ID - Xiaomi kembali merilis anggota baru dari jajaran Redmi 9 Series. Perangkat...

Oppo Reno4 Pro Banting Harga

Jakarta, Selular.ID - Memasuki bulan November, dua ponsel Oppo mendapat penyesuaian harga. Baru diluncurkan...

Artikel Terbaru

Kategori Terkait