Sabtu, 2 Agustus 2025
Selular.ID -

Jawa Timur Menjadi Pasar Terbesar Alfacart.com

BACA JUGA

Jakarta, Selular.ID – Jawa Timur, khususnya Malang dan Sidoarjo, tercatat sebagai pasar paling besar bagi Alfacard.com.Alfacard yang beroperasi  Mei 2016 melihat bahwa  Jawa Timur menjadi pasar terbesar dengan presentase 42% disusul Jabodetabek 33,69% dan Jawa Tengah 17,66%. Untuk peringkat per kota, Malang menjadi kota dengan jumlah transaksi terbesar pertama 12,061% dan Sidoarjo berada di posisi ketiga 6,061% setelah DKI Jakarta 14,212%.

Hal itu diungkapkan Catherine Hindra Sutjahyo Chief Executive Officer Alfamart.com, menurutnya data transaksi terbaru Alfacart.com di tiga bulan pasca peluncuran cukup menggembirakan, menurut dia selain disambut baik,  dia melihat pasar e-Dagang tidak lagi hanya terkonsentrasi di wilayah Jakarta dan sekitarnya.

“Wilayah di luar Jakarta, seperti Malang dan Sidoarjo, serta kota-kota lain seperti Rembang dan Klaten Jawa Tengah, Pontianak, serta Makassar pun menjadi pasar yang harus semakin kami cermati agar kami kian tepat dalam menghadirkan layanan yang sesuai dengan karakteristik kebutuhan mereka yang tentunya sangat beragam,” ujar Catherine
 
Menurut dia banyaknya transaksi dari luar wilayah Jakarta mengindikasikan tingginya keinginan konsumen, terutama yang tinggal di daerah-daerah, untuk mendapatkan kesempatan yang sama dalam memperoleh barang atau produk-produk terkini, dengan kualitas sama, periode waktu yang tidak berbeda, dan harga yang tidak terlalu timpang atau bahkan setara. Melalui pembelian di Alfacart.com, kebutuhan-kebutuhan tersebut dapat terpenuhi.

Tidak hanya itu, dijelaskan Catherine
Catatan menarik lainnya dari laporan triwulan Alfacart.com, pendekatan belanja O2O khususnya Layanan Pick Up di Toko Alfamart mendapatkan respon tinggi dari para pelanggan, baik pelanggan di wilayah Jakarta yang terkenal dengan gaya hidup urbannya, maupun pelanggan di luar Jakarta. Sebanyak 84% pelanggan di wilayah Jakarta dan 90,73% pelanggan di luar Jakarta melakukan pengambilan barang di toko Alfamart yang berfungsi sebagai pick up point.

Kecenderungan mayoritas pelanggan untuk memilih mengambil atau membayar barang-barang yang dibelinya di toko-toko Alfamart yang menjadi pick up pointmerupakan konfirmasi efektivitas kolaborasi Alfacart.com dengan lebih dari 7000 toko Alfamart di seluruh wilayah Indonesia. Kenyamanan, keamanan bertransaksi dan kepastian kualitas barang yang diterima menjadi pendorong bagi pelanggan untuk lebih memilih layanan inovatif dari Alfacart.com ini.

“Layanan O2O juga membantu para konsumen yang belum memiliki kartu debit atau kartu kredit untuk tetap dapat menikmati belanja kebutuhannya di Alfacart.com. Dukungan jaringan Alfamart juga membantu optimalisasi distribusi produk-produk yang dipesan dari Alfacart.com ke tangan pelanggan,” ungkap Catherine. 

Kedepan, layanan-layanan inovatif yang berorientasi kepada kepuasan pelanggan akan semakin ditingkatkan keberadaannya, selaras dengan komitmen Alfacart.com untuk selalu menjadi yang terdepan di industri e-Dagang Indonesia.

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU