Minggu, 3 Agustus 2025
Selular.ID -

80 Persen Pengguna Smartphone di Indonesia Masih Setia Gunakan BBM

BACA JUGA

blackberry-is-bringing-its-bbm-messaging-service-to-android-and-ios

Jakarta, Selular.ID – Indonesia adalah negara terpadat keempat di dunia. Berdasarkan atas laporan App Annie 2015 Retrospective, Indonesia adalah negara dengan jumlah pemain mobile aktif terbesar (30,7 juta) di Asia Tenggara. Dari seluruh pemain mobile game aktif tersebut, 49 persen menghabiskan uang untuk game, lebih besar dari seluruh wilayah di Asia Tenggara dengan rata-rata 45 persen.

Game strategi dan balapan adalah genre game paling top bagi pemain mobile games sehingga mereka rela menyisihkan uang untuk kedua jenis game tersebut. Survei Jakpat Mobile juga mengungkapkan bahwa BlackBerry Messenger (BBM) adalah pemimpin yang tak terbantahkan di pasar Indonesia dengan 80 persen pengguna memilih BBM sebagai aplikasi mobile messaging paling sering digunakan.

BBM adalah salah satu aplikasi mobile messaging terbesar. Instalasi aplikasi BBM pun telah merambah ke luar perangkat BlackBerry, dengan lebih dari 100 juta instalasi di platform Android, iOS dan Windows.

Sejak diciptakan pada Agustus 2005, BBM berkembang dari aplikasi pesan yang terbatas pada fungsi komunikasi (teks dan video), menjadi “ekosistem” sosial, yang menyatukan fungsi chatting, sosial, bisnis dan jasa, termasuk game. Update terbaru, pengguna BBM sebentar lagi akan bisa bermain game di dalam aplikasi. BBM Game Center dijadwalkan hadir di kuartal ke-4 2016 untuk menyuguhkan ragam permainan mobile dengan Bahasa Indonesia.

“BBM tetap menjadi aplikasi messaging yang paling banyak dipasang dan digunakan di Indonesia. Pengguna selalu mencari lebih banyak kegiatan di aplikasi messaging karena aplikasi itulah yang mereka gunakan setiap hari, bahkan beberapa kali dalam sehari. Sebagai bisnis sangat berfokus pada konsumen, kami sangat senang menjadi bagian dari pasar, bekerja sama dengan mitra terbaik di sektor tersebut untuk meluncurkan layanan baru dalam rangka memenuhi tuntutan pengguna kami yang terus berkembang. BBM Game Center melengkapi layanan baru kami, seperti, konten News/Berita dan Video, dan akan ada lebih banyak layanan baru, yang semakin menarik, dalam beberapa bulan ke depan,” kata Matthew Talbot, CEO Creative Media Works, yang mengelola BBM secara global.

Pada 27 Juni 2016, Creative Media Works, penggiat konten dan teknologi di Indonesia, mengumumkan aliansi strategis dengan BlackBerry Limited untuk mempercepat penelitian dan pengembangan konsumen BBM dalam menawarkan fitur baru dan menarik untuk pasar konsumen global. Sebagai bagian dari strategi itu, BBM menyajikan API untuk mempercepat pertumbuhan mitra dan layanan konsumen, seperti:

• Konten- streaming musik dan video, game, olahraga, berita, blog selebriti, dan horoskop.
• Commerce – belanja, hadiah, dan kupon/voucher
• Online to Offline Commerce – pemesanan film, wisata, pelayanan kesehatan, perumahan atau lowongan pekerjaan
• Keuangan – pembayaran P2P, transfer uang, isi ulang ponsel, dan keperluan penagihan

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU