Saturday, May 25, 2019
Home Apps 5 Aplikasi Mirip Snapchat Dengan Filter Face-Tracking

5 Aplikasi Mirip Snapchat Dengan Filter Face-Tracking

-

snapchat

Jakarta, Selular.ID – Sebagai salah satu negara paling sosial di dunia, orang Indonesia sangatlah menyukai aplikasi edit foto. Di era smartphone, foto selfie polos tanpa tambahan animasi sudah ketinggalan zaman. Sekarang ini, pemilik ponsel pintar haus akan filter yang fun dan unik seperti yang ditawarkan Snapchat,

Snapchat merupakan aplikasi selfie yang memanfaatkan teknologi face-tracking untuk meng-animasi-kan wajah pengguna secara real time. Setelah dimodifikasi, pengguna bisa berbagi foto selfie atau cuplikan video dengan tampilan berbeda secara instant ke semua teman, baik melalui chatting, Stories atau hanya disimpan sendiri ke smartphone agar bisa diunggah ke jaringan sosial media lainnya.

Sejak Snapchat memperkenalkan filter (atau lensa, sebutan resmi dari perusahaan), dunia seolah latah. Perlahan-lahan, aplikasi serupa mulai bermunculan guna mendompleng kepopuleran Snapchat. Bahkan, tidak sedikit dari mereka menawarkan setumpuk filter animasi fun yang jauh melebihi Snapchat.

Pada edisi kali ini, kami telah siapkan lima aplikasi untuk kreasi selfie fun. Periksa daftar aplikasi berikut untuk menyulap selfie menjadi animasi.

MSQRD
msqrd

Aplikasi yang telah menjadi milik Facebook ini sedang jadi idola di banyak negara Eropa.

Aplikasi tukar wajah Masquerade atau MSQRD sedang jadi perbincangan di banyak negara. Ia menjadi salah satu penghuni daftar aplikasi iOS terpopuler di sejumlah negara, terutama di Rusia. Masquerade atau MSQRD merupakan aplikasi filter untuk foto dan video berbasis iOS dan Android. Kegunaan utamanya adalah untuk menerapkan filter berupa topeng bentuk lain ke wajah di dalam foto, bisa berupa wajah orang lain, hewan, karakter kartun dan lain-lain. MSQRD menerapkan prosedur editing kompleks melalui proses yang sederhana.

Segera setelah aplikasi mengenali foto seseorang, ia akan melekatkan topeng di atasnya. Di versi Android versi beta terdapat 13 jenis topeng yang bisa dipilih. Menariknya, pengguna juga dapat menerapkan filter yang sama untuk video, mengubah tampilan wajah dengan beberapa kali ketukan jari, misalnya mengubah wajah Anda menjadi wajah Leonardo Dicaprio, atau mengubah mata Anda menjadi lebih lentik, menukar wajah Anda dengan pasangan dan lain-lain. Filter ini dapat diaplikasi secara real-time sebelum dikirim atau dibagikan ke orang lain melalui aplikasi jejaring sosial.

Cara menggunakan MSQRD cukup mudah. Gunakan ikon kamera sebagai tombol foto dan perekam, secara default tombol kamera difungsikan untuk merekam video, tap ikon kamera di sebelahnya untuk menjepret foto. Kemudian pilih filter yang tersedia di bagian bawah foto. Swipe ke kanan atau ke kiri untuk menemukan opsi filter yang ada. Pilih salah satu yang Anda rasa menarik.

Jika ingin merekam video, cukup tekan ikon kamera recorder. Anda boleh bergerak sesukanya, efek akan tetap berada di wajah Anda dengan catatan seluruh wajah tetap berada di dalam frame. Jika sudah selesai, tap tombol Stop. Tap done untuk menyimpan ke galeri atau membagikan langsung hasil rekaman dan jepretan ke jejaring sosial lainnya. Pilihannya ada Instagram, Twitter dan Facebook.

SNOW
snow
Menawarkan efek wajah lucu, stiker, dan filter secara cuma-cuma.

Tepat di belakang Snapchat dan MSQRD adalah Snow, aplikasi Korea yang hampir tiruan lengkap Snapchat dengan penekanan pada efek filter gila. Beberapa filter menakutkan mirip dengan yang kita lihat di Snapchat, sementara yang lain hanya benar-benar konyol. Aplikasi kamera berbasis Android dan iOS yang juga berfungsi sebagai aplikasi pesan instan karena menawarkan keseruan dalam berkomunikasi.

Snow mempunyai berbagai macam efek wajah yang dapat diaplikasi ke video secara realtime, misalnya efek hidung dan kumis kucing, lengkap dengan riasan mata dan telinga. Atau membuat animasi GIF yang kemudian dikirimkan ke teman untuk seru-seruan. Snow juga telah menyiapkan berbagai pilihan filter dan stiker untuk membuat hasil jepretan selfie menjadi lebih apik. Semua itu dihadirkan secara gratis!

Di bagian interface utamanya, Snow mempunyai satu panel bernama Live yang berisikan daftar video terbaru yang disusun secara kronologis. Video-video yang terpampang hanya dapat diputar sekali oleh teman, setelah lewat dari 24 jam, video dan foto akan dihapus secara otomatis seiring dengan munculnya entri baru.

BOO!
boo
Sama seperti video para artis dunia yang dibagikan di Snapchat.

Jika Anda kurang puas dengan efek filter yang diberikan MSQRD dan Snow, bisa mencoba aplikasi Boo. Sama seperti Snapchat, Boo memungkinkan Anda untuk menambahkan notes atau menggambar doodle pada foto dan video. Aplikasi ini tersedia untuk iOS dan platform Android.

Aplikasi fotografi yang dikembangkan oleh sxnx ini mampu menyulap foto atau video dengan efek magis khusus secara real time. Anda bisa memotret selfie atau merekam video langsung dengan fitur pengenal wajah serta bertukar wajah secara real time dan kemudian mengubah tampilannya.

Boo memiliki banyak filter lucu yang akan membuat Anda senang mengambil foto selfie dan rekam video langsung. Terlebih lagi, Anda dapat menambahkan catatan atau doodle untuk berkreasi dengan Boo.

Anda bisa mencoba banyak lensa berbeda untuk animasi selfie, termasuk lensa video langsung seperti “Koala” yang lucu dan “Vampire” yang menakutkan, dan langsung membagikannya dengan teman-teman. Jangan lupa tambahkan teks atau doodle untuk mengekspresikan diri pada selfie atau video langsung bergerak tren saat ini.

Camera360
camera360
Menyulap wajah menjadi cantik.

Camera360 mungkin adalah aplikasi edit foto pertama yang digandrungi pemuda-pemudi Indonesia. Sama seperti SNOW, Camera360 adalah aplikasi pengenal wajah dengan filter lain yang sangat populer dari Korea. Ada lebih dari 100 filter yang berbeda untuk dipilih dan bermain-main dengan untuk mendapatkan foto dan video narsis.

Dikembangkan oleh sebuah perusahaan yang berasal dari negara tirai bambu, China, bernama Pinguo. inc, aplikasi ini begitu dicintai oleh banyak orang khususnya bagi kaula muda karena mereka dapat melakukan edit foto dengan lebih mudah yang dapat dilakukan dengan dua cara yakni sebelum berfoto dan sesudah berfoto.

Anda dapat melakukan pengaturan seperti exposure, sharpeness, saturation dan lain sebagainya sebelum melakukan pemotretan menggunakan Camera360 untuk mendapatkan hasil jepretan dengan jenis gambar yang anda inginkan. Di samping itu, Anda juga dapat melakukan pengeditan foto pada aplikasi ini setelah melakukan pemotretan, dengan menjalankan pengaturan lomo, retro, magic colors dan lain sebagainya untuk mendapatkan efek foto yang Anda inginkan dengan kualitas yang istimewa.

Cara menggunakan camera 360 untuk foto selfie juga sangat mudah, cukup buka aplikasi Camera 360 kemudian pilih menu Selfie, Anda bisa berfoto seperti biasanya. Apabila menginginkan filter kamera yang berbeda Anda bisa mengubah/menyesuaikan atau menerapkan efek kamera lalu digunakan untuk berfoto. Caranya cukup pilih dan atur pada menu Effect Camera, dan gunakan untuk berfoto seperti biasanya.

Sementara untuk mengedit foto, bisa dilakukan untuk mengubah tampilan foto menjadi lebih menarik seperti mencerahkan foto, menghaluskan kulit / wajah pada foto, memberikan efek / filter pada foto. Hasil dari editan foto Camera 360 bisa digunakan untuk foto profil atau sekedar diunggah pada jejaring sosial atau aplikasi chatting seperti Facebook, Twitter, Path, Instagram, BBM, Line, dan lain sebagainya.

Face Swap Live
swap face live
Salah satu trik Photoshop yang tidak pernah usang, bertukar wajah, sekarang bisa dilakukan di smartphone.

Sebelum Snapchat memperkenalkan filter bertukar wajah, ada Face Swap Live, aplikasi sederhana yang memungkinkan Anda bertukar wajah dengan teman lain secara real-time, serta merekam video atau mengambil foto. Anda juga dapat memilih foto dari perangkat Anda dan bertukar wajah dengan orang dalam foto itu (yang akhirnya diperkenalkan dalam filter Snapchat).

Swap Face Live versi Lite bisa diunduh gratis, tetapi ada pembelian dalam aplikasi untuk meng-upgrade untuk mendapatkan fitur lebih banyak dan video terbatas. Jika Anda mencari aplikasi menyenangkan untuk bertukar wajah, aplikasi besutan Laan Labs ini mungkin menjadi pilihan terbaik. Aplikasi sudah tersedia di kedua platform, iOS dan Android.

Swap Face Live memungkinkan Anda bertukar wajah dengan seseorang secara real time dan merekamnya. Aplikasi ini memungkinkan Anda merefleksikan wajah dengan siapa pun (mulai dari teman yang duduk di sebelah Anda, selebriti, atau hampir setiap foto dari internet atau telepona). Anda bisa melihatnya langsung dari kamera video Anda. Bahkan dapat menekan tombol kamera untuk mengambil foto atau tombol video untuk merekam itu.

Salah satu menu yang disebut Moda Mask melapisi wajah secara langsung (seperti topeng) bukannya menukar wajah. Anda bisa memilih bagian wajah tertentu sebagai topeng, seperti hidung, mulut atau mata, atau mengubah background foto menjadi hitam atau putih.

Subscribe to Selular Newsletter

Dapatkan berita menarik seputar harga smartphone terbaru dan informasi telekomunikasi Indonesia.

Latest