Sabtu, 2 Agustus 2025
Selular.ID -

Verisign: Analitik Penting Bagi Kesuksesan Website UKM

BACA JUGA

internet-httpJakarta, Selular.ID – Disadari atau tidak, Kita sebenarnya memiliki sesuatu yang bisa digunakan untuk membaca pikiran konsumen.  Yup, analitik bisa menjadi intel yang cerdas bagi para pemilik UKM. Ketika kita mengetahui perilaku para pengunjung website, bagian website mana yang paling efektif dan mana yang diabaikan, kita dapat memahami apa yang diinginkan pengunjung. Alhasil kita pun dapat menyediakan apa yang mereka inginkan bahkan sebelum mereka mengunjungi website kembali.

Dalam hal ini Verisign membagikan tiga keuntungan menggunakan analytic tool bagi usaha kecil, di antaranya berikut ini.

Mengetahui Dari Mana Trafik Berasal
Hal paling penting yang kita perlu tahu adalah dari mana trafik website berasal. Dengan melakukan analitik, kita akan mengetahui bagaimana pengunjung bisa sampai ke website. Kita dapat mengidentifikasi seberapa banyak rujukan yang didapat dari mesin pencari dan kata kunci apa yang sering digunakan audiens untuk menemukan website kita. Jika kata kunci yang terbanyak digunakan tidak ada dalam sumber rujukan, kita mungkin perlu mencari cara untuk meningkatkan SEO yang difokuskan pada kata kunci tersebut.

Mengetahui sumber trafik website juga dapat membantu kita untuk lebih memahami berapa banyak pengunjung yang berhasil dijangkau melalui newsletter, email, dan media sosial. Kita bisa mengetahui postingan atau email mana yang mendapat respon terbanyak dan kapan waktu paling efektif untuk berkomunikasi dengan para pelanggan. Kita juga bisa mengetahui website-website mana yang terhubung dengan website kita atau yang membicarakan tentang bisnis kita.

[nextpage title=”Mengetahui Apa “]Mengetahui Apa yang Disukai dan Tidak Disukai Orang dari Website Kita
Apa pun yang orang katakan tentang apa yang mereka suka dari website kita, hasil analitik tidak akan bohong. Analitik tidak hanya bisa mengidentifikasi halaman yang paling popular dan seberapa lama waktu yang dihabiskan pengunjung di website, tapi juga bisa mengidentifikasi halaman “exit” atau halaman terakhir yang dikunjungi sebelum pengunjung memutuskan untuk meninggalkan website. Hal ini sangat penting untuk diketahui mengingat semakin lama pelanggan menjelajah sebuah website, semakin besar peluang terjadinya transaksi bisnis. Mengetahui halaman mana yang mereka sukai dapat membantu menemukan cara untuk meningkatkan kualitas halaman tersebut, sehingga pengunjung semakin betah berselancar di website kita.

Menganalisis Konversi dengan Penjualan
Mengetahui perbandingan antara jumlah pengunjung dan penjualan bisa menjadi bahan evaluasi seberapa signifikan peran website kita dalam mengubah pengunjung menjadi pelanggan. Walaupun tujuan utama dari website kita bukan untuk penjualan, seperti misalnya hanya sekedar untuk mengajak pengunjung mengisi formulir atau survei, kita bisa menentukan strategi pemasaran yang efektif dan produk yang cocok untuk pelanggan dengan mengetahui seberapa besar konversi yang didapat. Tidak setiap halaman harus bisa dikonversi, namun mengetahui halaman mana yang bekerja dengan baik dan mana yang tidak, bisa menjadi penentu apakah menuai kesuksesan atau kegagalan.

Website yang paling efektif adalah yang mudah di-navigasi-kan, mengundang perhatian, dan informatif. Membangun website dengan domain yang terpercaya seperti .com atau .net (atau bahkan .tv jika konten website kita sebagian besar adalah video) merupakan cara yang efektif karena ekstensi domain ini sudah dikenal banyak orang dan mudah dibaca oleh SEO. Ditambah dengan analisis tentang bagian mana yang bekerja dengan baik di website dan mana yang tidak, akan membantu kita membuat strategi online yang efektif.

Bagaimana cara memulai melakukan analisis pada website?
Kita bisa memulai dengan menggunakan analytic tool yang berbiaya rendah atau bahkan gratis seperti Google Analytics. Melalui layanan ini, kita bisa mendapatkan informasi berharga tentang seberapa banyak pengunjung yang datang ke website dalam periode tertentu, berapa banyak pengunjung mengklik link dalam website, berapa lama waktu yang mereka habiskan di website, dan lainnya. Kita juga bisa mendapatkan data mengenai sumber trafik, kata kunci yang paling banyak mendorong trafik, dan trafik mana yang banyak menghasilkan konversi dan penjualan. Seluruh informasi ini akan mendorong kepercayaan diri Anda dalam membangun strategi yang kuat untuk mengoptimasi konten website, kata kunci, dan lain sebagainya.

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU