Monday, June 17, 2019
Home News Startup Direktur E-Business Kominfo: Domain dan Hosting Gratis Selama Tiga Tahun

Direktur E-Business Kominfo: Domain dan Hosting Gratis Selama Tiga Tahun

-

starup-digitalJakarta, Selular.ID – Tren usaha rintisan (startup) yang tengah digandrungi anak muda saat ini, diharapkan mampu mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia untuk menjadi negara ekonomi berbasis digital. Guna mendukung tujuan tersebut, Kementerian Komunikasi dan Informatika RI berupaya menggenjot pembangunan infrastruktur pitalebar Indonesia.

Azhar Hasyim, Direktur E-Business Kemenkominfo, menuturkan bahwa menurut kajian yang dimulai tahun 1989, setiap pertumbuhan 1 persen komunikasi dan broadband akan mendorong pertumbuhan efektifitas dan produktivitas ekonomi 3 persen. Dengan adanya penetrasi fixed pitalebar sebanyak 1 persen diharapkan dapat menurunkan angka penggangguran sejumlah 8,6 persen.

“Dalam prakteknya, pemerintah akan mendukung pelaku startup untuk menciptakan berbagai aplikasi dan mendorong UKM untuk go online dengan menyiapkan website domain dan hosting secara gratis selama tiga tahun ke depan,” tutur Azhar Hasyim dalam Ignition kedua yang digelar di Gedung Auditorium Pascasarjana Institut Teknologi Nopember di Surabaya (6/9/2016).

Pembangunan infrastruktur pitalebar yang mengalirkan internet kencang, diyakini Azhar Hasyim akan dimanfaatkan anak muda untuk terus menciptakan startup yang bisa mengurangi aneka problematika di Indonesia.

Saat ini ada sekitar 93,4 juta pengguna internet dan 71 juta pemilik smartphone di Indonesia. Ini menjadi modal besar bagi Indonesia untuk terus mengembangkan bisnis berbasis teknologi digital di Tanah Air.

Tahapan Ignition kedua ini bertujuan untuk membentuk pola pikir startup founder kepada anak muda. Ignition berikutnya akan hadir di Graha Sabha Pramana, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, 18 September 2016.

Latest