Jumat, 1 Agustus 2025
Selular.ID -

Transformasi Menjadi Perusahaan Digital, XL Implementasikan Microsoft Office 365

BACA JUGA

IMG_20160823_135116
Jakarta, Selular.ID – Kebutuhan karyawan untuk bekerja secara mobile semakin meningkat. Berdasarkan survei yang dilakukan Microsoft kepada para pelaku bisnis di Asia pada tahun 2015 lalu, sebanyak 70% karyawan menghabiskan sedikitnya satu hari dalam seminggu untuk bekerja di luar kantor.

Hal itu pun yang mendorong Microsoft untuk menghadirkan layanan-layanan produktivitas berbasis komputasi awan, seperti Office 365.

Linier dengan survei di atas, operator XL mulai melaksanakan transformasi digital secara internal. Sejak awal tahun 2016, operator telekomunikasi itu telah mengimplementasikan Microsoft Office 365.

Yessie D. Yosetya, Direktur/Chief Service Management Officer XL, mengatakan bahwa sebagai perusahaan yang menyediakan layanan digital, XL membutuhkan teknologi untuk bertransformasi digital. “Saya berharap penerapan Office 365 di internal XL akan bisa mendorong peningkatan kualitas pelayanan kepada pelanggan,” ujar Yessie.

Dalam rangka mendukung transformasi digital XL, Microsoft sebagai penyedia solusi Office 365 pun senantiasa melakukan pendampingan terhadap XL, baik dari sisi teknologi, proses, maupun persiapan sumber daya manusia.

Pada acara pengumuman XL dan Microsoft, Kustiawan Kusumo, Enterprise Partner Group Director, Microsoft Indonesia, memaparkan bahwa Office 365 merupakan layanan berbasis awan yang menghadirkan rangkaian aplikasi Microsoft Office seperti Email Exchange yang dapat diakses saat online ataupun offline, kotak email sebesar 50GB, serta OneDrive Storage sebesar 1TB untuk setiap pengguna.

“Dengan Office 365, pengguna dapat menyimpan dokumen di satu tempat dan membuat, mengubah, ataupun berbagai dokumen secara mudah di manapun mereka berada. Sehingga, sekalipun mereka sedang tidak berada di dalam satu tempat yang sama, mereka tetap dapat berkolaborasi,” lanjut Kustiawan.

Butuh waktu 4 bulan penerapan, implementasi Service Office 365 di XL sudah mencapai 100 persen. Sejauh ini, manfaat yang sudah terlihat antara lain terselesaikannya persoalan bouncing email berkat kapasitas mailbox per pengguna yang mencapai 50GB, serta meningkatnya efisiensi dan keamanan jaringan perusahaan.

Yessie menambahkan, penerapan Office 365 ini sejalan dengan rencana XL yang akan segera melakukan transformasi pada lingkungan kerja dengan menggunakan konsep modern open space dan business process.

Perwujudan konsep modernisasi ini dilakukan dengan menghadirkan platform digital yang dapat meningkatkan produktivitas dan efektivitas kerja karyawan, sehingga karyawan dapat berorientasi terhadap kepuasan pelanggan. Dengan demikian, karyawan dapat terkoneksi secara internal di mana pun, kapan pun, serta melalui perangkat apa pun.

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU