spot_img
BerandaTipsBegini Panduan Cetak File Dari Ponsel Android

Begini Panduan Cetak File Dari Ponsel Android

-

print-androidJakarta, Selular.ID – Perangkat Android bisa melakukan banyak hal. Mulai dari menyimpan file musik sampai dengan menangani tumpukan dokumen Word. Fitur besar lain yang sangat bermanfaat adalah kemampuannya untuk mencetak file dari ponsel ke printer.

Meski printer yang Anda punya tidak memiliki fitur Wi-Fi-enabled, Anda tetap dapat mencetak secara nirkabel. Bahkan, Google telah menciptakan cara untuk menghubungkan printer dengan akun Chrome dan ponsel Anda agar bisa mencetak dengan mudah.

Bagi Anda yang masih bingung dengan setup-nya, Selular.ID menyusun panduan singkat yang akan membuat Anda siap mencetak dalam hitungan menit.

Menghubungkan ke Google Cloud Print
Satu tahun terakhir, mayoritas printer mampu mencetak melalui Bluetooth, Wi-Fi, atau metode cepat lainnya, tapi tidak semua orang memiliki printer yang mendukung hal tersebut. Di sini lah peran Google Cloud Print. Dengan mendaftarkan printer Anda dan menghubungkannya ke internet, Anda bisa mengoperasikan dari mana saja selama memiliki koneksi yang baik.

Screenshot-2016-08-04-at-10.45.51-1-768x480Sebagian besar printer memang mampu bekerja melalui Google Cloud Print, tapi tetap ada beberapa printer yang tidak bisa. Untuk menyingkat waktu Anda mencari tahu, Google membuat daftar printer yang bisa bekerja dengan Cloud Print.

1. Luncurkan Google Chrome di komputer.
2. Masuk ke Google Chrome jika Anda tidak secara otomatis login.
3. Klik tombol Menu di sudut kanan atas jendela.
4. Pilih Pengaturan.
5. Klik Tampilkan setelan lanjutan.
6. Gulir ke bawah ke Google Cloud Print bagian dan klik Manage.
7. Klik Add Printer
8. Anda akan disuguhkan daftar semua printer yang tersedia. Pilih printer yang ingin Anda tambahkan, klik Add Printer. Lalu ia akan mendeteksi printer Anda, selesai.

Bagaimana Mencetak dari Ponsel Android
Beberapa ponsel sudah tertenanam Google Cloud Print. Bila ponsel Anda belum memilikinya, jangan khawatir, Anda bisa mengunduhnya di sini. Download aplikasi dan ikuti petunjuk instalasi.

Screenshot_20160804-103613-300x480Setelah Anda memiliki Google Cloud Print, Anda tidak perlu selalu menjalankan aplikasi ketika ingin mencetak, seperti fungsi add-on di ponsel. Anda akan lebih mudah menggunakannya. Pastikan akun Google yang terhubung di ponsel adalah akun yang sama yang digunakan pada Google Chrome.

1. Buka dokumen yang ingin Anda cetak (bisa dokumen atau foto dari Google Drive atau memori ponsel).
2. Pilih tombol Menu (3 titik di sudut kanan atas).
3. Klik Print, dan Anda akan disuguhkan ke halaman baru.
4. Klik tanda panah bawah yang berada tepat di sebelah kanan dari Simpan sebagai PDF.
5. Pilih printer untuk mencetak. Jika Anda tidak dapat menemukannya dari daftar yang ada, klik Semua printer, untuk melihat daftar setiap printer yang telah tersambung.
6. Setelah Anda sudah siap, klik tombol print (lingkaran cahaya biru yang terlihat seperti printer).

Screenshot_20160804-103555-1-300x480Mencetak halaman web dan pesan Gmail
Anda bahkan bisa mencetak halaman web dan pesan Gmail melalui Google Cloud Print. Prosesnya hampir sama:

1. Buka Gmail atau Google Chrome.
2. Bila Anda menemukan halaman yang ingin Anda cetak pilih tombol Menu (3 titik).
3. Daftar pilihan akan tersedia. Pilih Print.
4. Anda akan langsung ke halaman cetak, di mana Anda dapat memilih printer yang tepat.
5. Klik Print ketika sudah siap.

Silakan mencoba!

Artikel Terbaru