Murah Mana, Rp1 Indosat Ooredoo atau TalkMania Telkomsel?

tarif-onnetJakarta, Selular.ID – Sudah menjadi hal yang lumrah bila seorang pelanggan suatu layanan menginginkan tarif yang murah. Tidak terkecuali bagi pelanggan layanan telekomunikasi. Untuk menggaet lebih banyak pelanggan, tak jarang operator telekomunikasi menggunakan jurus ‘tarif murah’ ini.

Indosat Ooredoo, misalnya, saat ini operator yang identik warna kuning-merah ini tengah sibuk mengusung Program Rp1. Bahkan, mengacu pada penuturan CEO Indosat Ooredoo, saat ini pihaknya ingin fokus pada Program Rp1 dari pada harus mengerjakan hal yang lain.

Bagaimana dengan operator lain. Tidak hanya Indosat, ternyata operator lain, yakni Telkomsel juga memiliki program menarik untuk para pelanggannya, seperti Talkmania (Simpati) dan Jagoan Serbu yang ditujukan bagi pengguna Kartu As.

Baik program Rp1 yang ditawarkan Indosat Ooredoo maupun program Talkmania dan Jagoan Serbu yang ditawarkan Telkomsel, sejatinya program-program tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Sebagai contoh, untuk Program Rp1 yang dalam hal ini dibebankan ke pelanggan untuk percakapan tiap detik, maka dalam satu menit percakapan, pengguna setidaknya harus mengeluarkan biaya pulsa Rp60. Berapa besar biaya pulsa yang harus dibayar pengguna, hal itu tergantung dari jumlah akumulasi lamanya percakapan. Misalnya, untuk percakapan (Onnet) selama 5 menit, maka pulsa pengguna akan tersedot sebanyak Rp300 atau Rp3600 untuk telepon selama satu jam. Cukup murah, bukan?

Lalu bagaimana dengan layanan Talkmania yang ditawarkan Telkomsel untuk pengguna Simpati dan Jagoan Serbu untuk pengguna Kartu As. Untuk layanan Talkmania, pengguna akan dibebankan dengan biaya yang sama, yakni sebesar Rp3500, baik untuk durasi pembicaraan, 5 menit, 60 menit, bahkan 2 jam sekalipun.

Sementara untuk Jagoan Serbu, lebih murah dari Talkmania, pengguna layanan ini hanya dibebani Rp2500, untuk berapa durasi pembicaraan yang dilakukan.

Jika dibandingkan, layanan Indosat Ooredoo Rp1, memang tergolong cukup murah, terutama jika pengguna menggunakan dalam durasi yang singkat, misalnya dalam 5 menit pembicaraan. Tetapi, dalam pembicaraan, katakanlah dalam satu jam, pengguna harus membayar Rp3600 atau lebih mahal ketimbang dua layanan yang ditawarkan Telkomsel.

Perbedaan mencolok juga terlihat dari peruntukan layanan itu sendiri. Misalnya, Program Rp1 yang disodorkan Indosat Ooredoo, walau tidak diperlukan registrasi, tetapi program ini hanya diperuntukkan bagi pengguna baru. Selain itu, Program Rp1 juga berlaku hanya di kota tertentu di mana program ini ditawarkan.

Sementara Program Talkmania, selain bisa dinikmati oleh semua pelanggan Simpati cakupannya juga nasional. Begitupun dengan program Jagoan Serbu yang juga bisa dinikmati oleh semua pengguna Kartu As dengan cakupan nasional.