Sunday, May 26, 2019
Home News Telco Catat Laba, Hutang XL Berkurang

Catat Laba, Hutang XL Berkurang

-

Dian Siswarini, Direktur Utama XL Axiata
Dian Siswarini, Direktur Utama XL Axiata

Jakarta, Selular.ID – Di semester pertama 2016, operator XL mencatat laba bersih Rp225 miliar. Padahal di periode yang sama tahun lalu, perusahaan mengalami kerugian sebesar Rp851 milliar. Pencapaian itu sebagai hasil dari penguatan nilai Rupiah terhadap US Dollar dan juga hasil dari penjualan menara ke Protelindo selama kuartal kedua.

Bukan hanya menoreh laba, dalam keterangan resmi hari ini (23/8/2016), total hutang XL juga mengalami penurunan dari Rp19,1 triliun menjadi Rp17,9 triliun dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Ditambah selesainya Right Issue dan penjualan kedua serta penyewaan kembali menara di semester pertama 2016, maka XL telah berhasil mengembalikan posisi keuangannya pada kondisi yang sama seperti saat sebelum membeli Axis, dan memberikan cukup ruang yang fleksibel dan kuat  bagi neraca keuangan XL.

Pada tiga bulan pertama 2016, XL telah membelanjakan Rp1,9 triliun belanja modal untuk memperluas infrastruktur layanan Data dan layanan mobile, dengan sumber dana berasal dari internal.

Operator juga telah berhasil membangun 5.250 BTS 4G, yang melayani lebih dari 58 kota/area. Hingga akhir Juni 2016, XL telah memiliki lebih 23.000 BTS 3G, dengan total keluruhan BTS sejumlah 66.353.

Jumlah pengguna layanan Data XL saat ini mencapai 24 juta atau 55% dari total pelanggan XL.

Subscribe to Selular Newsletter

Dapatkan berita menarik seputar harga smartphone terbaru dan informasi telekomunikasi Indonesia.

Latest