Beranda News Berkat Galaxy S7 dan Galaxy S7 Edge, Samsung Masih Kuasai Pasar Global

Berkat Galaxy S7 dan Galaxy S7 Edge, Samsung Masih Kuasai Pasar Global

-

samsung-galaxy-s7-edge-sg-16-1Jakarta, Selular.ID – Selain mencatat penjualan ponsel pintar secara global yang mencapai 343,3 juta unit pada kuartal kedua, Internasional Data Corporatiom (IDC) juga mencatat penjualan smartphone para vemdor di kwartal kedua 2016.

Dari catatan itu, dikutip dari laman IDC
vendor asal Korea, Samsung tetap menjadi pemimpin pasar smartphone dunia karena kesuksesan dari produk unggulan terbarunya, yakni Galaxy S7 dan Galaxy S7 Edge.

Menurut IDC secara global, Samsung berhasil menjual 77 juta unit pada kuartal II-2016, meningkat 5,5% dibandingkan periode yang sama tahun lalu 73 juta. Berkat penjualannya itu, Samsung pun menguasai pangsa pasar global 22,4%.

Selanjutnya, Apple yang berbasis di Cupertino, AS, berhasil mengapalkan 40,4 juta perangkat iPhone, turun 15% dari periode yang sama tahun sebelumnya 47,5 juta unit. Pangsa pasarnya 11,8%. Beruntung, iPhone SE yang berlayar 4 inci terbukti sukses di negara berkembang dan diberuntukkan juga bagi pembeli serta pengguna Android yang beralih ke ekosistem Apple.

Namun, hal itu berdampak pada pendapatan Apple karena harga jual rata-rata iPhone kuartal lalu turun 10,1% menjadi US$ 595 dari kuartal II-2015 masih US$ 662 per unit. Sebagai kompensasi, Apple akan meningkatkan penjualan produk iPhone 7 dengan upgrade yang baru.

Kali ini, Huawei merebut posisi ketiga lagi berkat kuatnya penjualan di pasar domestik dan pasar Eropa yang semakin meningkat. Andalan Huawei ponsel premium, seperti P9 dan Mate 8, yang mengontribusi 25% dari volume kuartal lalu untuk segmen high-enddengan harga US$ 500-600 per unit.

Huawei Honor Series dan Y-Series sebagai ponsel segmen menengah dan model low-end seperti Honor 5X dan V8 juga terbukti sebagai penyeimbang yang berhasil di pasaran karena harganya lebih terjangkau. Sebagai handset nomor satu di Tiongkok, Huawei kini memiliki tantangan untuk lebih besar lagi menangguk pasar AS, serta tetap bersaing dengan Samsung dan Apple.

Pada posisi keempat, OPPO juga sangat agresif dalam promosi pemasarannya pada kuartal II-2016, di antaranya dengan R9 sebagai produk andalan. OPPO sangat kuat di kota peringkat ketiga hingga kelima di negaranya, selain agresif menggarap pasar luar negeri, terutama India dan Indonesia. Penjualannya pun melejit 136,6% menjadi 22,6 juta unit dibandingkan periode yang sama tahun lalu masih 9,6 juta. Pangsa pasar yang dkuasainya 6,6%.

Terakhir, Vivo yang juga berasal dari negeri Tirai Bambu terus agresif menggarap pasar Asia-Pasifik, dengan sebagian besar volume penjualan masih dikotribusi dari dalam negeri. Kuartal II-2016, Vivo meluncurkan beberapa produk baru, yakni V3 dan V3 Max.

Untuk mewujudkan ambisinya, Vivo sampai menyewa bintang populer Korea, Soon Joong Ki sebagai celebrity endorser. Penjualannya pun langsung meroket 80% menjadi 16,4 juta unit pada kuartal II-2016, dibandingkan periode yang sama tahun lalu 9,1 juta. Pangsa pasarnya 4,8%.

Artikel Terbaru