Wednesday, June 19, 2019
Home News E-Commerce Belanja Online via Smartphone, Aplikasi atau Browser?

Belanja Online via Smartphone, Aplikasi atau Browser?

-

IMG_20160812_090014Jakarta, Selular.ID – Belanja online sudah semakin populer di kalangan masyarakat Indonesia. Namun penyedia browser Opera melihat bahwa pertumbuhan tersebut tidak seimbang dengan penggunaan smartphone yang jauh lebih tinggi.

“Belanja online sedang tren. Penetrasi smartphone juga sangat luas. Tapi belanja online via smartphone belum banyak dilakukan. Apa penyebabnya?” tanya Ivollex Hodiny, Growth Director of Asia, Opera Software, pada pembukaan acara update terbaru perusahaan di Jakarta (11/8/2016).

Berdasarkan penelitian Emarketer, Ivollex menyebut bahwa 87% pengguna smartphone di Indonesia memanfaatkan perangkatnya untuk mengakses media sosial, 84% untuk chat, dan hanya 37% untuk belanja online.

Guna mengetahui secara pasti yang menjadi penyebab seseorang ragu belanja online di smartphone, Opera melakukan survei kecil melalui media sosial pekan lalu (3/8/2016) dan menemukan bahwa ada 3 hal yang menjadi hambatan masyarakat Indonesia untuk mendapatkan pengalaman belanja online yang terbaik.

Tiga alasan utama yang dikeluhkan calon pembeli online via smartphone adalah: pop up iklan (46%), loading gambar terlalu lama (33%), dan aplikasi yang sering crash (11%).

Bahkan, 36% dari responden juga menyatakan bahwa mereka tidak memiliki cukup memori untuk membuka beberapa aplikasi dalam waktu yang bersamaan.

Mengetahui alasan-alasan tersebut, Opera menyediakan solusi bagi calon konsumen tadi. Baru-baru ini, aplikasi browser Opera Mini di Android dan iOS telah meluncurkan fitur pemblokir iklan terintegrasi pertama yang mampu memuat halaman hingga 15% lebih cepat dibandingkan browser lain.

Opera Mini juga mampu menghemat data pengguna hingga 90% dibanding ketika menggunakan aplikasi belanja online lainnya.

Dua fitur tersebut tentu dapat menjadi jawaban bagi para calon pembelanja online: menghadang pop up iklan yang mengganggu, serta mempersingkat waktu loading situs web tertentu.

“Dengan begitu, bagi Anda yang masih ragu belanja online lewat ponsel, bisa mencoba fitur Opera Mini dan mulai browsing barang favorit Anda lebih cepat daripada via channel lainnya,” pungkas Ivollex.

Latest