Friday, November 22, 2019
Home News Asian Games 2018 Bisa Menaikkan Pamor Indonesia

Asian Games 2018 Bisa Menaikkan Pamor Indonesia

-

IMG_20160826_074445
Jakarta, Selular.ID – Solusi teknologi informasi dan komunikasi (TIK) bisa menciptakan pengalaman digital terbaik pada perhelatan olahraga seperti Asian Games 2018 yang akan diselenggarakan di Indonesia. Maka dari itu perlu kolaborasi dan sinergi yang baik antara pemerintah dan para mitra guna mempercepat perkembangan TIK di tanah air.

Dalam rangka memberi motivasi kepada semua pihak terkait, Kementerian Pemuda dan Olahraga, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Pemerintah DKI Jakarta, Komite Olimpiade Indonesia, dan PT Huawei Tech Investment (Huawei Indonesia), mengadakan acara “Indonesia ICT Carnival 2016 yang ke tiga” di Jakarta.

Mengusung tema “New ICT, New Games”, acara tersebut memperkenalkan 50 perusahaan-perusahaan lokal maupun global yang bergerak di industri TIK untuk berbagi pengetahuan mendalam mengenai mobile broadband, ultra broadband, digital TV, mobile video, safe city, cloud computing, dan big data.

Dalam sambutannya, Rudiantara, Menteri Kominfo RI, mendesak Huawei, salah satu vendor penyedia jaringan telekomunikasi di Indonesia, untuk memberikan solusi terpadu dalam penyelenggaraan Asian Games 2018.

Menjawab tantangan itu, Hudson Liu, CEO Huawei Indonesia mengatakan perusahaannya selalu siap untuk berkolaborasi dengan pemerintah pusat, pemerintah daerah, serta kementerian untuk menciptakan inisiatif nasional dalam membangun Smart Nation & Tech City, transformasi siaran digital, perluasan konektivitas pita lebar, e-Commerce & pemberdayaan ekosistem Cloud, dan pengembangan bakat di bidang ICT untuk Indonesia yang lebih terhubung dan terdigitalisasi.

Pada kesempatan yang sama, Qiu Heng, President of Huawei Marketing, menyampaikan bahwa ajang olahraga sangat penting untuk menaikkan citra suatu negara di mata dunia dalam berbagai sektor bisnis seperti pariwisata, budaya, dan pembangunan.

Industri TIK yang memiliki tren untuk menghubungkan dan memvirtualisasikan segala sesuatu, mempunyai peranan penting untuk memastikan agar ajang olahraga dapat terlaksana secara sukses dengan memberikan akses bagi masyarakat untuk tetap terhubung, menonton video dengan kualitas tinggi, dimanapun dan kapanpun.

“Huawei menyadari bahwa infrastruktur dan transformasi TIK sangat penting bagi daya saing sebuah negara. Kenaikan investasi di bidang TIK sebesar 20% dapat berpotensi untuk meningkatkan PDB sebuah Negara sebesar 1%. Oleh karena itu, Huawei selalu siap untuk berkolaborasi,” ujar Qiu Heng.

Acara ini fokus membahas mengenai peluang-peluang dalam bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di Indonesia untuk menciptakan pengalaman digital terbaik pada acara-acara olahraga yang akan datang serta memberikan motivasi terhadap industri TIK dan pemerintah untuk bersinergi dan berkolaborasi dengan pemerintah lokal maupun para mitra untuk mempercepat perkembangan TIK di Indonesia.

Sebelumnya, Huawei juga telah mendukung berbagai kegiatan olahraga berskala dunia seperti Olimpiade Beijing, Asian Games di Guangzhou, dan stadion Gold Coast SUNS Metricon di Australia, dengan memberikan solusi TIK end-to-end untuk memastikan kesiapan infrastruktur, wilayah yang strategis, dan pusat operasi untuk kesuksesan sebuah acara.

Latest