Tuesday, June 2, 2020
Home Review Smartphone & Gadget Terlengkap Alpha 1S: Robot Murah dan Mudah Dikendalikan

Alpha 1S: Robot Murah dan Mudah Dikendalikan

-

https://www.youtube.com/watch?v=EYrqsskRtno

Jakarta, Selular.ID – Saat pertama kali mendengar sebuah robot, yang terlintas dalam pikiran kita pasti perangkat ini sangat mahal dan sulit untuk dimiliki oleh pengguna biasa. Namun kali ini sebuah robot bernama Alpha 1S yang dibanderol seharga Rp7 juta yang biasa anda ajak untuk bernyanyi, berjoget atau mengerjakan perintah melalui sebuah smartphone.

Desain
Robot mini yang diproduksi oleh perusahaan asal tiongkok, UBTech. Merupakan semuah robot homanoid yang dapat digerakan atau dikendalikan dengan sebuah smartphone. Dilengkapi dengan 16 titik servo yang berfungsi sebagai sendi, sehingga Alpha 1S diklaim memiliki kemampuan untuk dapat digerakan secara fleksibel seperti layaknya manusia.

Robot ini dibekali dengan port micro USB dan slot micro SD pada bagian belakang bodinya. Port micro USB dapat anda manfaatkan untuk untuk menghubungkan robot Alpha 1S ke PC. Sementara slot micro SD berguna untuk menyimpan file audio dengan format MP3 dengan bitrate maksimal 128 kbps. Tapi jangan salah, file audio yang disimpan bukan audio biasa, melainkan paduan dengan data gerakan sudah diprogram sebelumnya. Pada bagian ini Robot ini juga “memikul” Baterai yang cukup besar, sehingga mampu bertahan antara 40 menit hingga satu jam penuh. Sayangnya masa pengisian baterai memakan waktu yang agak lema dibandingkan dengan waktu pemakaian, yakni memakan waktu sekitar dua jam.

Apps
Seperti yang dijelaskan sebelumnya, pengguna dapat mengendalikan robot ini dengan smartphone sebagai remote control. Dengan memanfaatkan koneksi Bluetooth, pengguna dapat menggerakkan robot dengan bantuan aplikasi Alpha 1S yang dapat didownload melalui Google Play untuk smartphone Android atau Apple Store untuk smartphone iOS.

Pada aplikasi Alpha, tersedia beragam menu yang bisa dipilih untuk mengerakan robot Alpha 1S., seperti Action Square dan Gamepad. Pada menu Action Square, pengguna dapat mendownload sejumlah gerakan yang sudah tersedia. Gerakan ini memuat lagu yang cukup populer, setelah didownload, pengguna mengendalikan robot dengan gerakan tersebut. Maka Alpha 1S akan menari mengikuti irama yang dilantunkan. Didalam menu Action Sruare pengguna dapat mendownload banyak gerakan beserta dengan irama lagunya.

Selain lagu pada Action Square juag tersedia video hasil upload pengguna Alpha 1S lainnya. ini seperti sebuat sosial media untuk para pengguna Alpha 1S, sehingga mereka dapat membagi kreativitas gerakan dan lagu yang mereka ciptakan. Didalamnya tersedia juta video yang diupload pengguna lain.

Sedangkan untuk menu Gamepad dapat digunakan untuk mengendalikan sekaligus menggerakkan Alpha 1S. Pad amenu ini pengguna dapat memilih dua pilihan soccerplayer dan gladiator. Seperti namanya keduanya merupakan gerakan yang mewakili gerakan untuk bermain bola atau sebagai gladiator.

Saat memilih salah satu menunya smartphone akan menampilkan tombol-tombol virtual di layar untuk menggegarkan robot, layaknya sebuah remote control. Seperti tanda panah ke kiri, kanan, atas dan bawah. dengan menggunakan tombol ini pengguna mengendalikan robot Alpha 1S untuk berjalan maju, mundur, geser kekiri atau kekanan. Ada juga gerakan lainnya seperti menendang bola, takeling dan lainnya di gerakan Soccer atau gerakan bertarung ala gladiator saat menggunakan menu gradiator

Bikin Gerakan Sendiri
Untuk menciptakan gerakan sendiri, terdapat menu Create actions yang bisa dipilih. Caranya pengguna harus memilih tombol create untuk memulai bikin gerakan. Aplikasi akan memberikan notifikasi. Setelah confirm robot akan lemas. Pada saat itu pengguna dapat menentukan gerakan-gerakan yang diinginkan Alpha 1S. Caranya dengan memilih tombol ‘Add’ untuk menyimpan gerakan tersebut, dan seterusnya sesuai keinginan pengguna. Pada satu gerakan tersebut penguna dapat mengatur berapa lama gerakan akan dilakukan oleh robot dalam satuan milidetik, dan seterusnya hingga gerakan bisa diciptakan.

Untuk dapat menciptakan gerakan yang lebih maksimal, pengguna harus mendownload aplikasi khusus untuk PC di website resminya. Dnegan software ini pengguna dapat menciptakan gerakan dengan menambahkan lagu. Dalam software ini pengguna lebih bisa membuat konfigurasi gerakan yang lebih luas, dibandingkan pada aplikasi di smartphone.

Kesimpulan
Robot Alpha 1S cukup menarik untuk untuk dimiliki bagi pengguna yang ingin ingin belajar robot. Karena didalamnya pengguna dapat menciptakan gerakan-gerakan khusus dengan mudah tanpa harus memahami bahasa pemrograman. Tidak hanya itu robot ini juga bisa dijadikan teman untuk bermain bagi anak-anak, karena selain mudah dikendalikan dengan smartphone, juga harganya leih terjangkau.

TERBARU

Triasmitra Menangkan Kasus Perusakan Kabel Fiber Optik Bawah Laut

Jakarta, Selular.ID – PT Ketrosden Triasmitra (Triasmitra) berhasil memenangkan kasus pengrusakan sistem komunikasi khususnya...

Dorong Vendor Tingkatkan Produksi, India Melonggarkan Kebijakan Ponsel

Jakarta, Selular.ID - India membuat langkah besar menuju insentif dan memperluas produksi lokal dari...

Ponsel 5G ZTE Axon 11 SE Diumumkan

Jakarta, Selular.ID - Sesuai jadwal, ZTE mengumumkan ponsel 5G terbaru di negara asalnya Cina....

Latest