Jakarta, Selular.ID – Fitur baru dari Pinterest memudahkan publik untuk mencari barang yang disukai. Kita hanya perlu memfoto suatu barang dan Pinterest akan memberikan rekomendasi barang yang mirip yang tersedia di internet. Fitur ini disebut visual search. Seperti yang dilansir dari Techcrunch (29/06/16) fitur virtual search yang dimiliki Pinterest hanyalah bagian dari rangkaian pembaruan yang akan sepenuhnya dipublikasikan di San Francisco.
Ketika pengguna membuka suatu foto di Pinterest, secara otomatis Pinterest akan mendeteksi objek-objek yang ada di foto dan mencarikan produk yang sejenis. Rangkaian titik-titik akan muncul di layar ketika pengguna menekan tombol visual search.Pengguna pun masih bisa mengatur ukuran gambar untuk lebih detil.
Fitur visual search ini bisa menjadi keunggulan yang Pinterest miliki sebagai situs dagang. Dengan adanya fitur tersebut dapat meningkatkan aspek “pengalaman berbelanja bagi konsumen”.
Selain itu, fitur ini juga memungkinkan Pinterest untuk fleksibel dalam menghadapi setiap kondisi pengguna ketika proses pembelian berlangsung, yang bisa jadi belum mengetahui produk dan brand apa yang akan dibeli. Dengan kata lain, Pinterest telah memiliki poin penting untuk bersaing di dunia Ecommerce. Adanya fitur ini juga memberikan celah untuk Pinterest menjadi sarana iklan yang berbeda dari yang lainnya.
Di samping itu, Pinterest juga memiliki fitur baru yang dapat mengikat pengguna yakni “branded pages”. Jika pengguna tengah mencari tas yang disukai, ia bisa langsung merujuk ke retailer’s page, di mana dia bisa melihat produk yang mirip dari retailer yang sama.
Pinterest sangat santai dalam membangun fitur-fitur baru. Perubahan besar menjadi visual search dan fokus pada pengalaman pembeli tidak tersedia pada situs dagang lainnya. Sebagai media sosial, Pinterest telah memiliki 100 juta pengguna yang siap untuk merasakan fitur baru yang memudahkan untuk menemukan produk yang dicari.