Sunday, December 15, 2019
Home News Kadang Disepelekan, Ternyata IT Komponen Strategis Utama dalam Bisnis

Kadang Disepelekan, Ternyata IT Komponen Strategis Utama dalam Bisnis

-

Ewin-Tan-fujitsu

Jakarta, Selular.ID – Cara mengelola bisnis di era digital saat ini mengalami perubahan yang cukup dramatis . Tak jarang dijumpai, di saat perusahaan tengah bersiap menyambar peluang-peluang baru dalam bisnis mereka, banyak pemimpin bisnis perusahaan menisbikan peran IT. Padahal perannya sangat strategis.

ICT memiliki peran penting dalam mendorong terwujudnya sebuah masyarakat yang cerdas dan bertumpu kepada kemanusiaan atau disebut Human Centric Intelligent Society—dengan memposisikan IT sebagai ruh dari inovasi dan transformasi digital pada bisnis yang mereka jalankan, serta turut mengubah peran IT yang dahulu dianggap hanya sebagai cost center, kini menjadi pencipta nilai-nilai baru dalam bisnis atau value creator.

Hal ini seperti yang tergambarkan dalam laporan riset yang disusun oleh Fujitsu, yakni bahwa sekitar 57 persen perusahaan mengungkapkan bahwa mereka menengok sendiri ke sumber-sumber IT baru yang lain di luar karena mereka berpikir bahwa IT di perusahaan belum mampu mencukupi apa yang sebenarnya menjadi kebutuhan mereka.

Lebih mengejutkan lagi, hampir 47 persen dari mereka menganggap bahwa IT di perusahaan mereka sebagai “yang penting berfungsi” saja dalam perusahaan, atau IT dianggap sebagai “cost center” saja bagi mereka. Hal ini lantas dianggap sebagai sebuah langkah mundur bagi perusahaan, serta menjadi batu sandungan mereka dalam meraih nilai-nilai bisnis seperti yang diharapkan.

Dalam rangka meraih seluruh peluang dari tren teknologi terkini secara optimal, perusahaan membutuhkan sebuah departemen IT yang tidak saja cukup hanya dapat berfungsi, namun juga mampu tampil ke depan dalam setiap strategi bisnis yang dicetuskan oleh perusahaan, serta mampu mengembangkan lembaga IT perusahaan menjadi lebih fleksibel dan gesit dan terintegrasikan ke dalam bisnis secara luas, sehingga menjamin bahwa setiap departemen di perusahaan dapat menikmati manfaat dari inovasi teknologi yang mereka usung.

Ewin Tan, Country Head of Managed Infrastructure Services Unit di Fujitsu Indonesia menuturkan, “Pemimpin bisnis diharapkan jeli melihat peran tren teknologi masa kini mendukung perusahaan dalam menjalankan roda bisnis. Yang mereka butuhkan adalah sebuah divisi IT yang mampu menangkap setiap peluang dari hadirnya tren tersebut dengan dukungan teknologi yang tepat guna yang mampu mendukung mereka dalam mengantisipasi setiap kebutuhan bisnis yang terus berkembang, mendukung mereka dalam menentukan infrastruktur yang tepat dan bisa diadaptasikan dan selaras, serta mampu menerapkan teknologi tersebut dengan cepat, sehingga IT benar-benar bisa menjadi tumpuan bisnis untuk tampil ke depan terlibat dalam setiap upaya strategis bisnis dan keluar dari bayang-bayang mereka sendiri selama ini.” (edk)

Latest