Jumat, 1 Agustus 2025
Selular.ID -

Dua Produk Ini Paling Laris Saat Ramadhan dan Jelang Lebaran

BACA JUGA

Mobile-Commerce-Expected-To-Triple-By-2019Jakarta,Selular.ID – Saat Ramadhan aktivitas balanja mengalami kenaikan yang cukup signifikan, begitu juga yang dialami marketplace Bukalapak. Selama Ramadhan dan jelang Lebaran peningkatan transaksi marketplace lokal ini mengalami peningkatan hingga 7 kali lipat dari hari biasanya.

Hal itu  diungkapkan Achmad Zaky Ceo Bukalapak, dia menyebutkan kalau produk pakain dan makanan yang lebih dominan terjual di momen Ramadhan dan Lebaran.
“Kedua produk ini yang banyak dicari pembeli selama Ramadhan, sehingga dalam satu hari nilai transaki di Bukalapak mencapai puluhan miliar,” kata Achmad Zaky

Dia menuturkan, kebanyakan transaksi dilakukan saat-saat sahur. Namun menjelang berbuka hingga berbuka aktivitas belanja kembali normal bahkan cenderung menurun tidak seperti saat sahur. Berkaca pada tahun-tahun sebelumnya, dia memprediksi puncak belanja akan terjadi di H-7 jelang Lebaran. Bukalapak sendiri menurut Achmad Zaki sudah mempersiapkan semuanya sehingga orang yang berbelanja di Bukalapak bisa berbelanja kapan pun dan dimana pun.

Dia melihat fenomena kenaikan belanja saat Ramadhan dan jelang Lebaran adalah hal yang lumrah dan hampir semua penjualan ofline dan online mengalami hal serupa. Karena dua momen ini memang kebutuhan sehari-sehari menjadi meningkat, ketimbang hari biasanya.

“Saya sih melihat kenaikan belanja saat Ramadhan dan lebaran hal yang biasa, kalau ditanya apakah target tercapai di dua momen ini saya selalu bilang setiap tahunnya pasti tercapai,” ujar dia santai

Saat ini Bukalapak memiliki pengguna sekitar 17 juta dengan user aktif sekitar 5 juta. Untuk pelapak sendiri, Bukalapak  memiliki sekitar 1 juta yang diisi oleh Usaha Kecil Menengah (UKM) yang menjajakan berbagai produk khas Indonesia.

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU