spot_img
BerandaSmartphoneApple Umumkan iOS 10, Update iOS Terbesar

Apple Umumkan iOS 10, Update iOS Terbesar

-

apple-wwdcJakarta, Selular.ID – Apple baru saja resmi mengumumkan update terbesar perangkat lunaknya. Di atas panggung World Wide Developers Conference (WWDC) di San Francisco (13/6/2016), Apple mengumumkan versi terbaru dari software yang menggerakkan jutaan iPhone dan iPads di seluruh dunia, yaitu iOS 10.

Fokus ke Pengalaman Pengguna
Perhelatan WWDC dimulai dengan presentasi iOS 10 yang fokus pada pengalaman pengguna dan menyoroti beberapa fitur baru, termasuk penguncian layar yang ditingkatkan. Seperti diketahui, pengguna iPhone pasti paham bagaimana cepatnya membuka ponsel dengan sidik jari sehingga mereka tidak sempat membaca notifikasi saat layar terkunci. Nah, masalah ini akan menjadi sejarah dengan iOS 10, karena layar iPhone akan otomatis menyala tatkala perangkat dipegang. Memberikan pengguna waktu lebih banyak untuk mengintip pemberitahuan.

Masih mengenai perbaikan layar terkunci, iOS 10 memudahkan pengguna masuk ke aplikasi kamera. Menggeser ke dalam dari tepi kanan layar, menjadi shortcut baru untuk kamera. Fitur itu didemokan di atas panggung dan terbukti cepat. Menggeser layar dari arah kiri akan menampilkan widget pengguna, yang akan menampilkan lebih banyak informasi melalui Force Touch.

Peningkatan lain yang dibawa iOS 10 adalah peningkatakn fungsi Force Touch. Ia akan jauh lebih berguna karena sekarang terintegrasi widget dengan setiap ikon-homescreen-yang-bisa-ditindaklanjuti. Menekan keras pada aplikasi kebugaran misalnya, akan menampilkan rincian dari progress Anda. Hebatnya, fungsi itu juga bekerja untuk aplikasi pihak ketiga. Ketika aplikasi ESPN dipraktekkan di atas panggung dengan Force Touch, layar langsung menampilkan skor permainan real time.

Siri Terintegrasi
Melayani 2 miliar request setiap minggu, Siri memainkan peran kunci dalam seluruh pengalaman iOS. Oleh karena itu, masuk akal bila Apple membuatnya lebih fungsional. Untuk itulah mengapa di iOS 10, pengembang akan memiliki akses terbuka ke asisten virtual. Dengan kata lain, Siri akan bisa menanggapi permintaan yang berhubungan dengan aplikasi pihak ketiga. Ini menjadi fitur yang benar-benar diharapkan banyak pengembang dan pengguna aplikasi ketiga tentunya.

Misalnya, pengguna aplikasi WeChat hanya perlu menginstruksikan Siri untuk “Kirim WeChat ke Nancy”. Maka Siri akan mengirimkan pesan melalui aplikasi messaging pihak ketiga tanpa perlu meninggalkan domain Siri. Demo lain yang ditampilkan di atas panggung adalah memanggil taksi melalui Lyft. Aplikasi WhatsApp, Uber, Pinterest, Runtastic, Square Cash, dan banyak lagi telah dikonfirmasi akan mendapatkan integrasi Siri. Yang pasti, akan lebih banyak lagi aplikasi terintegrasi tatkala pengembang sudah mempelajari bagaimana memanfaatkan potensi Siri.

siri-ios-10Chatting Bisa Transparan
Pada sektor Pesan (Message), Apple telah menerapkan fungsi lebih jauh ke iOS 10. Fungi tersebut memungkinkan tampilan saran yang lebih akurat dan lebih relevan untuk disajikan saat mengetik, seperti memperhitungkan koordinat Anda saat kejadian, mengetahui siapa rekan chatting Anda, atau mengetahui kesibukan Anda dari kalender. Jika Anda diminta menunjukkan lokasi misalnya, saran untuk berbagi keberadaan Anda melalui peta Apple, akan muncul. Ditambah, mengetik multibahasa akan diaktifkan, memungkinkan Anda mendapatkan saran dalam bahasa yang berbeda.

Aplikasi pesan di iOS 10 juga mendapat penyegaran. Fitur-fitur baru telah ditambahkan, termasuk pilihan untuk membuat teks dan emoji lebih besar atau lebih kecil, agar pesan Anda bisa berdampak lebih besar saat di waktu yang tepat. Fitur lain adalah pesan pribadi bisa disembunyikan dengan “tinta transparan”. Lawan chat bisa menggesek jari mereka di pesan untuk menjernihkan. Lebih asiknya, fitur ini juga bekerja untuk gambar. Orang-orang yang gemar memakai emoji pasti senang mengetahui kemampuan aplikasi untuk menyorot kata-kata dalam pesan mereka yang diganti dengan emoticon.

Itu belum semua. Stiker juga akan ditambahkan ke Pesan, memungkinkan pengguna mengubah sebuah obrolan biasa menjadi percakapan pribadi. Dan dengan aplikasi iMessage baru, pengguna akan mendapatkan akses ke aplikasi pihak ketiga favorit. Bayangkan merespon obrolan dengan GIF tanpa harus meninggalkan area Pesan sama sekali.

Selain pesan, aplikasi Telepon (Phone) di iOS 10 sekarang dapat membedakan antara spammer dan orang sebenarnya. Ini dikatakan akan menjadi fitur yang sangat berguna di Cina.

Foto & Memori
Advanced Computer Vision telah membuka jalan bagi Foto (Photos) untuk mengenali wajah. Demi kenyamanan, gambar orang favorit akan secara otomatis dikelompokkan bersama. Semua proses dilakukan secara lokal pada perangkat, tanpa campur tangan pengguna. Pengenalan objek dan situasi juga ditambahkan untuk memudahkan pencarian gambar tertentu. Foto juga dapat dikelompokkan berdasarkan lokasi dan ditampilkan pada peta.

Tidak kalah seru adalah fitur baru Memories yang bisa ditemukan dalam aplikasi foto. Terletak di tab baru, Memories merupakan agregat gambar dari peristiwa baru atau yang relevan, dikompilasi cerdas, tanpa membutuhkan intervensi pengguna. Ini bisa menjadi memori akhir pekan atau pemutaran momen-momen terbaik tahun lalu. Memories hadir dalam bentuk serangkaian gambar, tapi iOS juga menciptakan video yang indah untuk memamerkan momen-momen khusus.

ios-10-photos-memosApple Music Dengan Lirik
Fitur lain iOS 10 yang telah dirumorkan adalah Apple Music, yang kini ditambahkan lirik lagu. Aplikasi semakin disederhanakan dalam tampilan desain baru, yang memudahkan pengguna mendengar musik yang diinginkan. Misalnya, Perpustakaan (Library) menjadi tab pertama yang ditampilkan.

Musik diklasifikasikan berdasarkan album, artis, atau nama lagu, sebagaimana mestinya. Ada satu bagian khusus memuat semua musik yang baru ditambahkan berada, serta bagian yang mengandung setiap lagu yang diunduh ke perangkat. Dan yang tidak kalah penting, Apple Music akan mempelajari jenis musik yang Anda menikmati dan menghasilkan playlist harian, dibuat khusus sesuai selera Anda.

Control Center sekarang berisi sebuah halaman khusus untuk musik yang dimainkan. Cara aksesnya, seperti biasa, adalah dengan membuka panel dengan menggesek ke atas, diikuti dengan swipe ke kiri. Ini adalah area di mana Anda mengakses kontrol pemutaran, serta informasi tentang musik yang dimainkan.

Apple News
Apple sadar bahwa agregator beritanya masih terlihat kasar, sehingga dalam iOS 10, perusahaan menyajikan beberapa UI dan optimasi fungsional. Artikel terpilih akan dipisahkan menjadi tren dan berita top, diikuti dengan semua topik yang Anda ikuti. Aplikasi juga bisa membuat kategori baru berbasis konten yang sering Anda baca.

Untuk menjaga pengguna up-to-date pada publikasi premium favorit, Berita bisa berlangganan. Konten dari The Wall Street Journal dan National Geographic akan bisa diakses melalui cara ini, dan akan ada banyak lagi media lainnya. Dan untuk menjaga Anda terinformasi berita terhangat, aplikasi menambahkan pemberitahuan breaking news. Ini akan ditampilkan langsung di layar Home jika diperlukan.

Home untuk Mendorong IoT
Home (Rumah) akan menjadi aplikasi baru yang Anda lihat di iPhone ketika mendapat pembaruan iOS 10. Home akan membawa handset lebih dekat ke masa depan dengan memungkinkannya berkomunikasi dengan Internet of Things. Lampu cerdas, AC, kunci pintu dan lebih banyak perangkat dapat dikendalikan dari jarak jauh, dari manapun Anda berada. Bayangkan Anda bisa melihat siapa yang datang bertamu, bahkan saat Anda tidak di rumah. itu hanya salah satu dari banyak fungsi yang bisa dimungkinkan dengan Home.

ios10Perangkat lunak terbaru Apple akan tersedia pertama kali untuk pengembang dan versi beta publik akan dirilis pada bulan Juli. Kemudian iOS 10 final mungkin akan rilis di musim kuartal keempat, bersama dengan peluncuran iPhone generasi berikutnya. (edk)

Artikel Terbaru