Friday, April 26, 2019
Home News E-Commerce Adakah Produk Lokal di MatahariMall.com?

Adakah Produk Lokal di MatahariMall.com?

-

Emirsyah-Satar-MatahariMallJakarta, Selular.ID – Menjelang acara buka puasa bersama anak jalanan (27/6/2016), Chairman MatahariMall.com Emirsyah Satar mengadakan sesi AMA (ask me anything) melalui media sosial Facebook, secara live video streaming. Bertempat di warehouse yang berlokasi di Cililitan Jakarta, pria berkacamata itu menjawab segala pertanyaan yang dilontarkan pengguna media sosial melalui akun resmi perusahaan.

Salah satu pertanyaan yang dilontarkan peserta adalah mengenai komitmen perusahaan dalam menjajakan produk, “Kenapa hanya produk impor saja yang dijual di website MatahariMall.com?” tulis salah satu penanya.

Menanggapi pertanyaan tersebut, Emirsyah menegaskan bahwa, barang yang dijual di website MatahariMall tidak semuanya adalah produk impor, ada juga produk lokal. Malahan, 2000 di antaranya merupakan produk UKM (usaha kecil menengah) lokal.

Emir mengungkapkan bahwa perusahaannya mempunyai program khusus untuk UKM, bernama JOA, singkatan dari Jual Online Aja. Program ini berupa workshop yang sudah dimulai sejak Desember 2015. Saat ini JOA sudah menyambangi 10 kota di nusantara, mulai dari Jakarta, Tangerang, Makasar, Yogyakarta, Bandung, Bali, Medan, Samarinda, Surabaya, dan yang terbaru, Solo.

“Sudah lebih 500 UKM yang kami bina. Jadi tujuannya adalah memberi pelatihan, agar barang mereka bisa dipasarkan di MatahariMall. Enam bulan berselang, terdapat lebih dari 2000 SKU (jenis barang) khusus JOA di website kami,” kata Emir.

Solo menjadi kota ke-sepuluh yang disambangi MatahariMall. Produk yang dihasilkan di Solo berasal dari berbagai bidang industri dari makanan hingga kerajinan tangan. Tingginya permintaan pasar tentu menjadi sebuah peluang untuk melakukan penetrasi pasar yang lebih tinggi pula.

Melalui program JOA, MatahariMall siap untuk membantu pelaku UKM untuk mendapatkan pemahaman dan pelatihan yang tepat guna melebarkan jangkauan usaha mereka ke seluruh Indonesia. “Jadi, missal ada UKM dari Tangerang, dengan berjualan di MatahariMall, ia bisa menjual barangnya sampai ke Makasar, Medan, atau Jayapura,” pungkas Emir.

Subscribe to Selular Newsletter

Dapatkan berita menarik seputar harga smartphone terbaru dan informasi telekomunikasi Indonesia.

Latest