Telkomsel dan Kominfo Kampanyekan Internet Baik

image
Ririek Adriansyah, Direktur Utama Telkomsel

Jakarta, Selular.ID – Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI bersama Telkomsel dalam program tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) mengkampanyekan penggunaan internet dengan baik.

Menurut Ririek Adriansyah, Direktur Utama Telkimsel, program yang bertajuk #internetBAIK, ini bertujuan  untuk menciptakan ekosistem digital yang positif dan konstruktif dengan penggunaan internet yang Bertanggung jawab, Aman, Inspiratif, dan Kreatif.

“Kampanye #internetBAIK merupakan salah satu wujud tanggung jawab sosial Telkomsel sebagai penyedia layanan seluler terdepan di Indonesia. Sudah menjadi kewajiban kami untuk membangun ekosistem digital yang positif dengan mengedukasi dan memberikan teladan bagi masyarakat Indonesia perihal penggunaan teknologi informasi dan komunikasi yang dapat memberikan nilai tambah bagi kita semua,” ungkapnya.

Ririek menambahkan bahwa seiring dengan makin meluasnya ketersediaan jaringan broadband Telkomsel di seluruh Indonesia, melalui #internetBAIK, Telkomsel berusaha untuk menekan penggunaan layanan broadband yang kurang bermanfaat. Program #internetBAIK ingin menanamkan semangat cyber wellness di kalangan remaja dengan memberikan sosialisasi dan edukasi penggunaan internet secara BAIK.

Penggunaan internet yang bertanggung jawab artinya memanfatkan internet secara tepat sesuai dengan norma dan etika. Aman berarti pengguna internet terlindungi dari segala potensi kejahatan dan dampak buruh dari internet. Inspiratif artinya mendorong pemanfaatan internet untuk hal-hal yang positif dalam upaya meningkatkan kualitas hidup pengguna dan orang di sekitarnya. Sementara kreatif berarti menciptakan ekosistem digital yang produktif sebagai wadah pengembangan daya cipta dan kreasi yang bermanfaat secara luas bagi masyarakat.

Pada tahap awal ini, Telkomsel melibatkan Yayasan Kita dan Buah Hati yang sejak 1998 telah fokus dalam kegiatan konsultasi, pendampingan, pelatihan dan advokasi seputar isu keluarga dan pengasuhan anak; ICT Watch sebagai organisasi penggagas awal gerakan digital literasi “Internet Sehat” sejak 2002; dan Kakatu, sebuah aplikasi yang dapat digunakan untuk memproteksi dunia digital anak agar terhindar dari kecanduan gawai, permainan online dan konten negatif lain yang ada di dalamnya.

Telkomsel melalui #internetBAIK juga ingin memberikan dukungan kepada pemerintah dalam menyebarluaskan gerakan Agen Perubahan Informatika (API), yang ditujukan untuk menjadi garda depan dalam melakukan pendidikan internet. Acara peluncuran #internetBAIK pun dimanfaatkan sebagai momen penting perwujudan komitmen Kemkominfo untuk menggalakkan pemanfaatan layanan broadband yang positif dan konstruktif, dengan melakukan peluncuran web aplikasi API.id sebagai media daring untuk memonitor dan memperluas proses rekrutmen Agen Perubahan Informatika (API),  serta buku “Panduan IN-CAKAP” dan komik “Cakap Bermedia Sosial” yang berisi pedoman berinternet secara cerdas, kreatif dan produktif, yang menuntun para pengguna internet agar dapat mengakses internet secara lebih baik sesuai dengan etika, budaya dan norma yang berlaku.

“Pada akhirnya kami juga mengajak para pemangku kepentingan untuk turut bekerjasama sehingga bersama kita semua dapat membangun aliansi strategis dalam menyebarkan pemahaman penggunaan dan pemanfaatan teknologi seluler secara Bertanggung jawab, Aman, Inspiratif, dan Kreatif”, tutup Ririek.