Malang, Selular.ID – Wilayah Jawa Timur seperti Surabaya dan Malang merupakan rute yang diprediksi akan mengalami trafik kenaikan yang cukup meningkat di masa Ramadhan dan mudik Lebaran 2016. Sehingga dalam rangka memberikan pengalaman terbaik kepada pelanggan dalam situasi apapun, Indosat Ooredoo di klaim telah menyiapkan jaringan telekomunikasi untuk menghadapi potensi lonjakan trafik telekomunikasi di dua momen tersebut.
Selular.ID pun diberikan kesempatan untuk melakukan uji jaringan berbagai aktifitas layanan data seperti browsing, download, upload file, atau melihat HD video serta live streaming.
Uji jaringan di tiap-tiap daerah memiliki hasil yang berbeda-beda. Namun aktifitas layanan data yang ditawarkan bisa diandalkan, kendati ada buffering di wilayah tertentu secara keseluruhan jaringan 4G Indosat Ooredoo cukup stabil.
Uji jaringan pertama, Selular lakukan di Bandara Internasional Juanda, hasil uji jaringan menunjukan kecepataan download hingga 11,47 Mbps/second dan upload 3.39 Mbps/second.
Kemudian uji jaringan Selular lakukan Kantor Indosat Ooredoo Surabaya jalan Kayun, kecepatan jaringan 4G di kantor Indosat Ooredoo mencapai 39,46 Mbps untuk download dan upload 10,15 Mbps.
Kemudian berlanjut ke jalan Wonokromo, di wilayah ini kecepataan download berkisar 6,14 Mbps dan upload 5,53 upload.
di pintu tol Waru kecepataan download mengalami kenaikan dibanding wilayah sebelumnya, yakni 7,82Mbps dan upload 10,94.
Tiba di Lawang Malang, kecepatan 4G Indosat Oredoo terus naik hingga 15,52Mbps untuk donwload dan 17,24Mbps untuk upload.
Kecepatan layanan 4G Indosat Ooredoo di wilayah Singosari berada di kecepatan lebih rendah dari wilayah Lawang, di Singosari kecepatan download hanya 4,47Mbps dan upload 7,23.
Tapi di Batu tepatnya di Museum Angkut speed download mengalami kenaikan yakni 6,31Mbps dan upload 0,91Mbps.
Joko Riswandi Division Head RAN design and Optimization
Menjelaskan bahwa wilayah Jawa-Timur Indosat Ooredoo telah siap untuk menghadapi lonjakan selama Ramadhan dan lebaran 2016. “Apa yang kami lakukan sudah maksimal, ini dan kami berharap di momen ini pelanggan kami tetap terpenuhi kebutuhannya,” ujar Joko.
Joko menambahkan kualitas suara di jaringan Indosat juga dilakukan melalui pengujian kualitas suara (voice) dengan metode pengukuran Mean Opinion Score (MOS) yang menunjukkan bahwa 89% area yang diukur menunjukkan hasil di tingkat excellent (maksimum skor dimana nilai MOS 4-5) dan 8% area lainnya menunjukkan hasil dengan nilai baik.
Rentang penilaian metode pengukuran MOS sendiri adalah 1-5, di mana angka 5 menunjukkan hasil excellent. Hasil ini sekaligus menunjukkan bahwa kualitas suara layanan Indosat Ooredoo baik dan dapat diandalkan.