Jakarta, Selular.ID – Salah satu sarana pendukung melesatnya bisnis e-commerce di Indonesia adalah ragamnya jalur pembayaran. Mulai dari yang konvensional seperti COD (cash on delivery) sampai modern payment semisal internet/mobile banking. Pengguna bisa memilih channel pembayaran sesuai kemauan masing-masing. Asal dinilai aman dan praktis.
Dalam menghadirkan layanan perbankan ke tengah masyarakat, Bank Central Asia atau biasa disingkat BCA, mempunyai beberapa produk finansial yang biasa kita temui di e-commerce untuk memudahkan pengguna melakukan pembayaran. Sebut saja transfer bank, KlikBCA, internet banking, mobile banking, hingga layanan e-money Sakuku.
Baru lahir September 2015, BCA Sakuku dikatakan punya keuntungan tersendiri bila dibandingkan transfer bank saat melakukan pembayaran di e-commerce. Hal ini bila dilihat dari sisi kepraktisan tanpa perlu si pengguna repot-repot punya rekening bank terlebih dahulu.
“Transfer bank pada dasarnya memerlukan two step, tapi Sakuku ini merupakan one stop shopping. Jadi transaksi langsung terjadi saat itu juga,” kata Fera Agustina, Senior Manager Internet & Mobile Banking Development BCA, saat ditemui di kantor Kaskus, di Jakarta.
Positioning dompet elektronik ini adalah anak muda terutama yang gemar berbelanja online. “Sakuku diperuntukkan bagi Gen Y, dimana bisa dilihat dari fitur-fitur dan desainnya,” ujar wanita berambut panjang ini.
Sama-sama merupakan layanan e-money, namun berdasarkan cara penggunaannya, Sakuku tentu sangat berbeda dengan Flazz. BCA Sakuku akan menampilkan QR Code yang harus di-scan dengan aplikasi Sakuku. Kemudian tinggal masukkan enam digit PIN untuk menyelesaikan pembayaran.
Sebelum Kaskus, BCA Sakuku sudah melayani pembayaran instan di Blibli.com dan Bhinneka.com