
Jakarta, Selular.ID – Salah satu brand ponsel lokal Tanah Air, Evercoss, mematok target pangsa pasar sangat tinggi untuk tahun ini. Brand yang mengklaim akan kembali membuka pabrik baru di Semarang ini dengan percaya diri menargetka 20 persen pangsa pasar di Indonesia.
“Target pangsa pasar kami adalah 20% dari total pasar nasional, kami estimasi tahun ini total smartphone sedikit berkurang dari jumlah tahun lalu, jadi kira-kira total tahun ini 40 juta-an smartphone,” ungkap Direktur Marketing Evercoss, Ricky Tanudibrata kepada redaksi Selular baru-baru ini.
Mengenai target yang dicanangkan Evercoss, sebagai salah satu pemain di pasar, sejatinya hal itu sah-sah saja jika dicanangkan perusahaan itu. Pun demikian, untuk mencapai target yang tergolong ambisius itu tentu dibutuhkan strategi jitu. Pasalnya, jika mengacu data yang dikeluarkan IDC tahun 2015, nama Evercoss bahkan tak terlihat bertengger di posisi lima besar.
Sementara kita ketahui, jika mengacu data IDC, posisi lima besar, secara berturut-turut diduduki oleh Samsung dengan pangasa pasar 24,8%. Disusul Asus (15,9%), Smartfren (10,8%), Advan (9,6%), dan Lenovo (6,5%).
Jadi, jika mengacu data IDC sebagaimana disebut untuk meraih pangsa pasar 20%, artinya Evercoss setidaknya harus bersaing ketat dengan vendor-vendor tadi. Tentu ini akan menjadi PR buat Evercoss. So, apakah target yang dibidik Evercoss bakal tercapai? Kita lihat saja perkembangannya. (edk)