Jakarta, Selular.ID – Mengawali tahun 2016, panggung telekomunikasi Indonesia diramaikan dengan kemunculan layanan Netflix yang dinilai sebagian pihak belum mentaati peraturan yang ada. Sementara di sektor vendor ponsel, sejumlah merek internasional masih mencoba keberuntungannya di pasar Indonesia. Berikut kaleidoskop Selular untuk Januari 2016 selengkapnya.
REGULASI
Resmi Hadir di Indonesia, Netflix Langsung Diamati Kominfo
Salah satu penyedia jasa layanan video streaming Netflix, resmi melebarkan sayap bisnisnya ke Indonesia. Menanggapi itu, Rudiantara, Menteri Kominfo Indonesia, berkomentar dirinya harus berdiskusi dahulu dengan Anies Baswedan, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.
Kominfo dan Huawei Dirikan Pusat Pelatihan Untuk Cetak Technopreneurs Muda
Mengawali tahun 2016 Huawei bersama Kementrian Komunikasi dan Informatika Indonesia melakukan gebrakan di Tanah Air dengan membangun sebuah pusat inovasi. Kehadiran pusat inovasi ini diharapkan Kominfo dan Huawei sebagai tempat pelatihan untuk melahirkan para technopreneurs muda dibidang teknologi.
Kominfo Umumkan Pemenang Palapa Ring, Ini Daftarnya
Kemenkominfo sudah menentukan pemenang proyek pembangunan jaringan tulang punggung serat optik nasional Palapa Ring. Proyek ini merupakan proyek pembangunan infrastruktur jaringan tulang punggung serat optik nasional yang ditujukan demi pemerataan akses pitalebar (broadband) di Indonesia.
Kominfo Beri Akses Khusus Kepolisian dan BIN Untuk Pantau Situs Radikal
Pasca serangan teror bom di kawasan Sarinah, Kemkominfo Indonesia bertindak cepat untuk segera memblokir berbagai situs yang terindikasi menyebarkan paham radikalisme. Tidak sekedar memblokir, untuk memudahkan penyelidikan, Kominfo telah memberi akses kepada pihak-pihak terkait pemberantasan terorisme dan radikalisme di Indonesia.
Operator
TELKOMSEL
Sukses Antisipasi Kenaikan Trafik Saat Tahun Baru 2016
Telkomsel sukses mengawal dan melayani kebutuhan komunikasi pelanggan selama malam pergantian tahun baru 2015/2016 hingga hari pertama di tahun 2016. Seperti yang telah diperkirakan sebelumnya, trafik layanan data dan SMS mengalami kenaikan paling tinggi secara nasional dibandingkan hari normal di tahun 2015.
TELKOMSELFest Hadirkan Keseruan Pengalaman Digital Lifestyle
Telkomsel terus memaksimalkan perkembangan ekosistem digital di di kota-kota yang telah aktif layanan 4G LTE nya dengan mengadakan sebuah festival digital bertajuk TELKOMSELFest yang kali ini diadakan di Jakarta, Yogyakarta, Makassar & Medan.
Transaksi TCash Meningkat 150%
Sepanjang tahun lalu Telkomsel mengklaim berhasil mendorong adopsi TCASH sebagai layanan mobile money. Menutup tahun 2015, terlihat peningkatan trafik transaksi TCash hingga 150% dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Bahkan selama masa liburan Natal dan Tahun Baru 2015, terjadi peningkatan trafik transaksi TCASH hingga 100% dibandingkan hari normal.
Bersinergi Dengan Pemprov DKI Jakarta
Telkomsel kembali melanjutkan komitmennya untuk terus bersinergi dengan Pemprov DKI Jakarta dalam membantu mengembangkan potensi masyarakat, yang kali ini diwujudkan dengan meresmikan fasilitas olahraga dan pengadaan pelatihan teknisi service handphone di lingkungan warga Rumah Susun (Rusun) Marunda, Jakarta Utara.
Layanan Untuk UKM di Grapari
Untuk membantu produktivitas dan perkembangan bisnis para pelaku UKM di Indonesia, Telkomsel menyediakan SME Corner’ di GraPARI yang merupakan pusat pelayanan pelanggan Telkomsel. SME Corner dapat dijumpai oleh pelanggan di Bandung, Surabaya, Yogya dan Denpasar.
20 Finalis The NextDev Pulang Kampung
Setelah tahun lalu mendapatkan 20 finalis dengan aplikasi digital yang dapat memberikan kontribusi positif untuk masyarakat, program NextDev di awal tahun ini kembali melanjutkan rangkaian programnya dengan tajuk “NextDev Pulang Kampung”.
INDOSAT
Indosat Ooredoo dan XL Axiata Pasangan Pertama yang Berbagi Jaringan
Wacana penggunaan jaringan bersama langsung disambut oleh Indosat Ooredoo dan XL Axiata yang hari ini mengumumkan kerjasama jaringan untuk 4G LTE melalui MORAN (Multi Operator Radio Access Network). Kedua operator ini akan menggunakan jaringan LTE yang sama di beberapa kota.
Dukung Konservasi, Indosat Ooredoo Jualan Boneka Jerapah
Indosat Ooredoo terus melaksanakan program CSR sebagai upaya meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Selain fokus di bidang pendidikan, operator yang baru melakukan rebranding ini juga memerhatikan kelangsungan fauna yang berada dalam konservasi, terutama jerapah.
XL AXIATA
Di Kota Tujuan Wisata, Layanan Data XL Alami Peningkatan
Sepanjang liburan menjelang akhir tahun 2015, jaringan XL Axiata diklaim sama sekali tidak mengalami gangguan teknis akibat kenaikan trafik penggunaan semua layanan. Kapasitas jaringan XL telah mampu menampung trafik kenaikan semua layanan di semua wilayah, terutama layanan data.
Pakai XL MoodMusic Bisa Ganti Lagu RBT Sesuai Suasana Hati
Pengguna selular yang berlangganan RBT kini bisa menikmati inovasi baru dari XL Axiata. Melalui layanan baru bernama MoodMusic, pengguna bisa berlangganan RBT untuk banyak lagu sekaligus.
XL Permak Layanan Pasca Bayar
Di Indonesia layanan pasca bayar yang ditawarkan oleh para operator seluler kurang mendapatkan minat dari pelanggan. Untuk mendorong penggunaan layanan berlangganan ini XL Axiata merevamp layanan pascabayarnya dengan menghadirkan XL Prioritas.
SMARTFREN
Targetkan 5 Juta Pelanggan 4G di 2016
Smartfren sebagai operator telekomunikasi di Indonesia dengan jumlah pelanggan mencapai 12 juta terus memberikan layanan terkini bagi pelanggannya. Untuk Teknologi 4G, Smartfren pun kian agresif, hal ini dapat dilihat dari jangkauan layanan 4G Smartfren yang makin luas.
Sudah Ada di 85 Kota, Layanan 4G Smartfren Terluas
Smartfren semakin menegaskan jati dirinya sebagai operator penyelenggara 4G LTE dengan cakupan terluas di Indonesia. Smartfren mengumumkan jika hingga awal tahun ini, setidaknya sudah ada 85 kota yang tercover koneksi 4G LTE milik operator anak perusahaan Sinar Mas ini.
150 Kota Baru Ditargetkan Tercover Koneksi 4G
Tahun ini Smartfen menggenapkan cakupan sinyal 4G nya, hingga tersebar ke 85 kota. Pencapaian tersebut, membuat Smartfren berani menargetkan penambahan cakupan 4G-nya mencapai 150 kota di tahun ini.
TRI
Klaim Trafik Datanya Terbesar Kedua di Indonesia
Selama liburan Natal dan tahun baru, Tri mengaku telah sukses melayani pelanggan di masa liburan tanpa ada kendala yang berarti. Peningkatan penggunaan layanan data mendominasi peningkatan trafik data jaringan, khususnya penggunaan OTT dan sosial media seperti Facebook untuk menyampaikan ucapan Natal dan Tahun Baru 2016.
Smartphone
Perbaharui Desain, Trio Samsung Galaxy A 2016 Series Rilis di Indonesia
Memperbaharui seri Galaxy A sebelumnya, Samsung luncurkan generasi terbaru Samsung Galaxy A Series di Indonesia. Ketiganya adalah Samsung Galaxy A3, A5 dan A7 (2016).
Membuka Awal Tahun, Smartfren Hadirkan Paket Bundling Lenovo A6010
Membuka awal tahun 2016 Smartfren Telecom langsung meluncurkan program yang berkaitan dengan layanan 4G LTE. Kerjasama yang dilakukan operator kali menggandeng Lenovo, untuk bundling smartphone terbaru Lenovo A6010.
Lenovo Vibe P1 Turbo Resmi Mendarat di Tanah Air
Mengunggulkan baterai ekstra besar, Lenovo Vibe P1 Turbo resmi diperkenalkan di Indonesia. Berbekal baterai besar 5000 mAh, Vibe P1 Turbo dihadirkan Lenovo untuk konsumen dengan mobilitas tinggi yang memiliki kebutuhan untuk selaku tersambung ke internet dan tetap produktif.
SERVICE CENTER
Sekarang di Bandung Sudah Tersedia Service Center Lenovo
Sebagai salah satu produk yang digemari di Indonesia, Lenovo menambah cervice centernya. Setelah Jakarta, Yogyakarta dan Surabaya, kota Bandung di pilih Lenovo untuk service center keempatnya.
ITC Roxy Mas Dipilih Infinix Jadi Lokasi Infinix House Pertama di Asia
Infinix Mobility, produsen ponsel asal Hongkong membuktikan keseriusanya untuk melakukan ekspansi di pasar Indonesia. Mengawali bulan pertama di 2016, keseriusan Infinix dibuktikan dengan membuka Infinix House pertama di Asia yang juga sebagai service center Infinix.
E-COMMERCE
Elevenia Kantongi Tambahan Investasi USD50 Juta
Menapaki tahun keduanya, elevenia semakin memantapkan langkahnya market inovator di Indonesia. Melihat keberhasilan tahun 2015, di awal tahun ini, elevenia mendapatkan investasi tambahan senilai USD50 juta dolar.
Penghujung Tahun 2015, Tokopedia Jual 9 Juta Produk
Transaksi jualan di situs marketplace online Tokopedia dari bulan ke bulan diklaim selalu meningkat. Di akhir 2015, sudah ada lebih dari 9 juta produk yang terjual di Tokopedia.
Tokopedia dan Traveloka Jadi Pembelanja Iklan Terbesar E-Commerce 2015
Dengan populasi terbesar ketiga di Asia, Indonesia adalah pasar yang sangat menggiurkan khususnya di bidang retail. Itu sebabnya seiring dengan peneterasi smartphone yang terus melonjak dan tarif internet yang terjangkau, dalam lima tahun terakhir, industri e-commerce semakin tumbuh pesat.