Wednesday, June 19, 2019
Home News Perdana, Pameran E-Commerce Terbesar Indonesia Segera Digelar

Perdana, Pameran E-Commerce Terbesar Indonesia Segera Digelar

-

image

Jakarta, Selular.ID – Tren belanja online terus meningkat. Menyambut euforia ekonomi digital, idEA menyelenggarakan perhelatan e-commerce terbesar bertajuk Indonesia E-Commerce Summit & Expo (IESE).

IESE akan berlangsung di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD, Tangerang pada tanggal 27-29 April 2016.

Sebagai forum pertemuan para pemangku kepentingan industri, workshop dan summit selama tiga hari ini akan menampilkan 72 pembicara baik dari lokal maupun internasional, serta diikuti oleh lebih dari 150 eksibitor.

Mengangkat tema “The New Digital Energy of Asia”, IESE menurut rencana akan dibuka oleh Presiden RI Joko Widodo. Turut berpartisipasi sebagai pembicara di antaranya Roger Egan, CEO & Co-Founder Redmart; Rajan Anandan, VP SEA & India Google; Mitch Barns, Global CEO Nielsen; Rudiantara, Menkominfo RI; Thomas Lembong, Mendag RI; Triawan Munaf, Bekraf; dan masih banyak lagi.

Dalam pengumuman ke media hari ini (29/2/2016), Michael Bayu, Associate Director, Dyandra Promosindo, mengatakan bahwa hadirnya tokoh penting industri e-commerce dunia akan menjadi daya tarik tersendiri bagi IESE 2016.

Ajang ini digadang sebagai tindak lanjut program pemerintah di bidang teknologi dan ekonomi digital, yang telah menjadi salah satu prioritas pembangunan. Misalnya dalam upaya mensosialisasikan Peta Jalan E-Dagang Indonesia, khususnya perihal program lahirnya 1.000 technopreneur di tahun 2020.

Seperti diketahui, awal 2016 ini, pemerintah Indonesia mengeluarkan peta jalan yang akan menjadi landasan pembangunan e-commerce mendatang. Peta jalan tersebut mencakup tujuh aspek strategis yakni logistik, pendanaan, perlindungan konsumen, infrastruktur komunikasi, perpajakan, pengembangan SDM, serta cyber security. 

Di tanah air, industri e-commerce diprediksi tumbuh hingga USD 130 Miliar di tahun 2020. Angka itu akan menempatkan Indonesia sebagai salah satu kekuatan ekonomi digital terbesar dunia.

Tanpa menyebut angka riil, Daniel Tumiwa, Ketua Umum idEA, mengatakan bahwa pada tahun 2015, belanja online tanah air mengambil porsi 1 persen dari total belanja konsumen. Sebagai perbandingan, e-commerce Tiongkok menguasai 13 persen pasar domestik tahun lalu. Akhir 2016, Daniel memprediksi setidaknya e-commerce Indonesia akan tumbuh menjadi 3 persen. 

IESE 2016 didukung oleh Bank Mandiri, Blibli.com. Tokopedia.com, MatahariMall.com, UC Web, Biznet,Elevenia.co.idJD.ID, JNE Express, Oracle, Sprint, dan Telkomsel.

IESE diprakarsai oleh Indonesia E-Commerce Indonesia (idEA) bersama Dyandra Promosindo, serta didukung oleh Kementrian Perdagangan, Kementrian Kominfo, dan Badan Ekonomi Kreatif.

Latest