Sabtu, 2 Agustus 2025

Tips Berjualan Online untuk Capai Kepuasan Konsumen

BACA JUGA

belanja-online

Jakarta, Selular.ID – Mencari kepuasan pelanggan memang banyak caranya. Mulai dari memberikan harga lebih murah atau selalu menyediakan produk terbaru, namun dari semuanya, yang paling penting adalah bagaimana layanan kepada konsumen. Berikut, tips dari salah satu penjual di elevenia yang mendapatkan gelar The Most Satisfied Review di ajang elevenian Idol 2015, dalam melayani pelanggan.

Diana Soesanto, pemilik dari toko MTS, yang bergabung di marketplace elevenia, mengatakan bahwa salah satu kunci penting dalam melayani konsumen adalah selalu memiliki komunikasi yang baik kepada konsumen. “Membuka toko di marketplace artinya kita harus memiliki komunikasi yang baik pada dua pihak, yakni dengan penyedia platform dan juga konsumen, yang membeli produk MTS,” ujarnya.

Sebagai yang menggawangi toko yang mengonsentrasikan produknya pada gadget ini, Diana memang tidak pernah memiliki keraguan pada dunia e-commerce. Dalam pandangannya, dunia e-commerce akan semakin terus berkembang. “Bagi saya, dunia e-commerce, terutama marketplace, merupakan sebuah kesempatan besar untuk seorang wirausaha untuk berkembang lebih besar lagi,” ujarnya semangat.

Ada beberapa hal yang disampaikan Diana dalam menjalankan bisnisnya. “Selain komunikasi yang lancar, stok produk juga harus selalu up to date. Bukan hanya satu atau dua model handphone terbaru yang selalu kami sediakan, namun juga kami berusaha semaksimal mungkin memberikan banyak variasi produk kepada konsumen. Karena pada akhirnya, membuka toko, di mana pun, baik offline maupun online, bukan hanya mengenai harga dan produk, tapi juga bagaimana kita melayani konsumen dan mengerti akan kebutuhan serta keinginan mereka. Hal ini kembali kepada dasarnya, bahwa manusia itu ingin dimengerti,” jelas Diana.

Ketika ditanya mengenai bergabungnya MTS di marketplace elevenia, Diana menyatakan bahwa Ia sangat puas dengan kerjasama yang terjalin. “Dengan elevenia, saya belajar banyak mengenai dunia e-commerce. Bahwa bukan hanya tentang produk, namun juga bagaimana memiliki komunikasi yang baik untuk menyampaikan informasi kepada konsumen,” jawab Diana menutup pembicaraan.

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU