Bulan ini para penyedia jaringan telekomunikasi nasional siap siaga menyambut kenaikan trafik dalam perayaan Natal dan Tahun Baru sekaligus libur semester anak sekolah. Di lain pihak, para vendor ponsel pun berlomba menggelontorkan model terbaru sebagai pilihan konsumen untuk hadiah akhir tahun. Sementara di industri belanja online, perayaan Harbolnas semakin meriah. Berikut kaleidoskop selengkapnya.
Operator
TELKOMSEL
Telkomsel Bagi-Bagi Mobil dan Hadiah Jutaan Rupiah di Mal GGP Bekasi
Menyambut kemeriahan awal tahun, Telkomsel menghadirkan program Telkomsel Poin Fiesta bekerja sama dengan mal Grand Galaxy Park (GGP), Bekasi. Program dengan mekanisme belanja di tenant dan penukaran Telkomsel poin ini dapat diikuti oleh pelanggan Telkomsel yang berhadiah utama 1 unit mobil.
Program CSR Telkomsel Dinilai Berdampak Luas
Selama tahun 2015, Telkomsel berperan serta dalam berbagai macam kegiatan CSR yang ditujukan langsung pembangunan masyarakat dan infrastruktur kota Bandung. Atas kontribusinya tersebut, Pemerintah kota Bandung mengapresiasinya dengan menganugerahi Telkomsel sebagai perusahaan dengan Program CSR Berdampak Luas.
Telkomsel Serius Garap Potensi Shopper di Pusat Perbelanjaan
Program Telkomsel POIN Fiesta kembali dihadirkan Telkomsel yang kali ini bekerja sama dengan Mal Ciputra Jakarta. Program reward & loyalty ini memberikan kesempatan bagi pelanggan Telkomsel untuk memenangkan sejumlah hadiah undian. Program ini dapat dimanfaatkan pelanggan Telkomsel mulai tanggal 11 Desember 2015 hingga 3 April 2016.
Telkomsel Dukung Pengembangan Sukabumi Sebagai Kota Santri
Untuk mendukung pengembangan Sukabumi sebagai Kota Santri Telkomsel menyerahkan donasi program Corporate Social Responsibility (CSR) kepada Pengurus Pondok Pesantren (Ponpes) Assobariyyah, Sukabumi. Program CSR ini merupakan lanjutan dari kesuksesan kolaborasi dan sinergi bersama Telkom Group dan Polres Sukabumi serta Ditlantas Polda Jabar.
Dua Kota Ini Bisa Nikmati Layanan 4G Saat Pergantian Tahun
Jelang akhir tahun Telkomsel menggelar layanan 4G LTE. Kali ini layanan tersebut diresmikan di Pekanbaru dan Banjarmasin. Kedua kota tersebut memperluas gelaran teknologi selular generasi keempat Telkomsel dan menjadi kota ke 13 dan 14 yang sudah medapatkan layanan 4G.
Telkomsel Perluas Jangkauan 4G di Jabodetabek
Pasca penataan ulang 1800 MHz, Telkomsel kembali memperluas gelaran 4G LTE di kota sekitar Jakarta yang meliputi Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi, setelah sebelumnya melakukan peluncuran secara komersial di kota Jakarta pada Desember 2014 lalu. Berikut ini lokasi-lokasi POI di Jabodetabek..
Telkomsel Berbagi di Hari Raya Natal Bersama 3000 Anak
Menyambut Hari Raya Natal 2015, Telkomsel menggelar kegiatan CSR dengan tema “Merayakan Semangat Berbagi” bersama 3.000 anak yatim/piatu atau kurang mampu, berupa pemberian santunan perlengkapan sekolah melalui berbagai yayasan sosial, serta bantuan sarana/penunjang ibadah kepada 30 Yayasan/Gereja di sekitar lokasi operasi Telkomsel.
Mulai dari Jaringan Hingga Layanan Disiapkan Telkomsel untuk Sambut Tahun Baru 2016
Memasuki momen perayaan Natal dan Tahun Baru yang dibarengi libur anak sekolah, Telkomsel telah menyiapkan jaringannya untuk mengantisipasi lonjakan trafik selama momen tersebut, khususnya di sejumlah titik keramaian yang menjadi destinasi liburan keluarga seperti tempat wisata Taman Mini Indonesia Indah yang setiap tahunnya selalu dipadati pengunjung dan menjadi titik puncak perayaan pergantian tahun di wilayah Jakarta.
INDOSAT OOREDOO
Sumbangsih Indosat Ooredoo untuk Pendidikan Digital
Indosat Ooredoo menandai komitmennya untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia, dengan memberikan mendukung pendidikan berbasis digital selama lima tahun. Operator telco yang baru berubah logo ini akan memperdalam program CSR pilar edukasi “Indonesia Belajar” yang berfokus pada pendidikan secara digital.
Indosat Ooredoo Siap Jadi Mitra Pelaku Usaha Eksplorasi Dunia Digital
Mengusung tema “A New Way of Doing Business” melalui ajang Indosat Ooredoo ICT Conference 2015 perusahaan itu mengajak para peserta untuk mengeksplorasi bagaimana Indonesia Digital Nation telah mengubah dunia bisnis, baik itu pada skala UKM sampai pada skala perusahaan multi-nasional. Fokus pada berbagai peluang yang dihadirkan oleh digital, Indosat Ooredoo Business menekankan pentingnya bermitra dengan rekan yang tepat dalam implementasi dan pengelolaan teknologi ICT yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing bisnis.
Indosat Ooredoo Peroleh Sertifikasi ISO 27001:2013
Layanan konektivitas berbasis IP yang ditawarkan Indosat Ooredoo disebut telah sesuai dengan standar keamanan internasional. Hal itu berkat sertifikasi ISO 27001:2013 untuk Information Security Management System yang telah diterima oleh operator yang kini identik dengan warna kuning dan merah itu.
Indosat Ooredoo Tunjuk Nokia Networks Untuk Memperkuat Jaringan LTE-Advanced
Indosat Ooredoo telah memilih Nokia Networks untuk memperkuat jaringan LTE-Advanced-nya. Sebagai bagian dari kontrak tersebut, tim Global Services Nokia Networks menempatkan BTS LTE di beberapa kota besar di wilayah tertentu. Tim telah mengagregasikan dua carrier di pita spectrum 900 dan 1800 MHz untuk memberikan kecepatan downlink hingga 150Mbps kepada pelanggan Indosat di wilayah Jawa, Sumatera dan Kalimantan.
Sambut Liburan Akhir Tahun, Indosat Ooredoo Hadirkan Aplikasi Incloud
Menyambut liburan akhir tahun 2015, Indosat Ooredoo kembali hadirkan inovasi baru di dunia digital, yaitu “incloud”, sebuah aplikasi untuk menyimpan dan mengelola beragam dokumen seperti foto, video, musik, berkas lainnya dari perangkat mobile secara online.
Paket Bundling 4G Murah Hasil Kolaborasi Indosat Ooredoo dan Advan
Mendukung program pemerintah untuk mewujudkan masyarakat Indonesia yang digital, Indosat Ooredoo kembali melakukan kerjasama strategis dengan salah satu vendor lokal, yakni Advan. Kerjasama keduanya, menghadirkan paket bundling smartphone 4G murah, seri Advan i45. Paket bundling Advan i45, dilego dengan harga Rp 999.000. Selain mendapat ponsel 4G, pelanggan akan menerima paket data Indosat Ooredoo sebesar 6GB untuk 3 bulan internetan di jaringan 4G.
Liburan Natal dan Tahun Baru, Indosat Ooredoo Tingkatkan Layanan Data Hingga 3.463 Terabyte per Hari
Indosat Ooredoo menyatakan kesiapannya mendampingi segala aktivitas komunikasi para pelanggannya selama liburan akhir tahun dan tahun baru. Indosat Ooredoo telah menyiapkan kapasitas jaringan yang telah disesuaikan dengan kemungkinan lonjakan trafik selama liburan akhir tahun dan tahun baru.
XL AXIATA
Sasar UKM, XL Gandeng TDA Luncurkan Platform DigiBiz
Mendukung pelaku usaha menengah “go digital”, hari ini XL meluncurkan DigiBiz. Bermitra dengan Komunitas Tangan Di Atas (TDA), solusi bisnis berupa aplikasi Android itu bisa dimanfaatkan untuk memaksimalkan pemasaran online. Tidak terbatas XL, pelanggan selular operator mana pun, bisa mengunduh dan menerima manfaat dari para pengusaha ahli dari TDA Community.
Dukung Program Layak Anak, XL Sediakan Aplikasi Digital
Sebagai bagian dari program XmartCity Yogyakarta, operator XL Axiata bersama Pemkot setempat resmi menyediakan aplikasi digital yang mendukung program Kota Layak Anak. Layanan ini diharapkan bisa membantu salah satu problem sosial yang terjadi di berbagai daerah adalah menyangkut anak dan wanita, seperti misalnya bagaimana mendorong masyarakat untuk mampu menyediakan lingkungan yang layak untuk tumbuh dan berkembangnya anak, serta bagaimana memaksimalkan peranan wanita dalam mendampingi anak.
Jelang Natal dan Tahun Baru, XL Optimalkan Jaringan
Seperti tahun-tahun sebelumnya, Natal dan Tahun Baru selalu menjadi momen penting bagi operator. Trafik layanan telekomunikasi khususnya layanan data, diprediksi meningkat dibandingkan hari-hari normal. Untuk itu, setiap operator tengah bersiap siaga. Tidak terkecuali XL. Operator terbesar ketiga itu telah menyiapkan jaringannya supaya tetap prima dalam mengantisipasi terjadinya lonjakan trafik.
Layanan 4G XL Sudah Ada di 35 Kota
XL Axiata terus memperluas layanan 4G LTE ke berbagai wilayah, baik di Jawa maupun luar Jawa. Hingga pekan terakhir Desember 2015, tercatat sudah sekitar 35 kota yang terlayani. Selain bertambah kota, layanan internet cepat ini juga terus meluas secara area di setiap kota seiring dengan terus beroperasinya BTS-BTS 4G yang baru.
SMARTFREN
Begini Kondisi Layanan Smartfren 4G di Medan
Smartfren telah ‘menyebar’ layanan 4G hingga ke 22 kota di seluruh Indonesia. Tak ayal operator ini memiliki jangkauan 4G paling luas saat ini. Dari 22 kota itu, Medan menjadi salah satunya. Untuk layanan 4G-nya sendiri, Smartfren sudah menancapkan 600 node B (BTS 4G) untuk area Sumatera Bagian Utara (Sumbagut). Di mana untuk kota Medan sudah 100% tercover jaringan 4G berteknologi Carrier Aggregation.
Kampanyekan Internet Kreatif, Selular dan Smartfren Gelar Ngobral di Kampus UI
Selular Media Group kembali menyelenggarakan kampanye internet kreatif ke beberapa universitas di nusantara. Tahun ini menggandeng operator 4G LTE Smartfren, kampanye berupa talk show bertajuk “Ngobral” digelar di 12 universitas yang berlokasi di Jabodetabek.
Menggiurkan, Kartu Perdana 4G LTE Kuota 2GB Cuma Rp25.000
Bila Anda sedang mencari paket internet 4G LTE dengan harga terjangkau, mungkin ini bisa menjadi pilihan terbaik. Smartfren menyajikan starter pack (kartu perdana) menarik. Dengan membeli SP seharga Rp25.000, pelanggan sudah mendapat kuota internet sebanyak 2GB, yang bisa dipakai 24 jam, tanpa batas kecepatan. Selain ponsel Andromax 4G, ada beberapa handphone yang bisa dikawinkan dengan SIM card 4G LTE Smartfren, di antaranya adalah Samsung Galaxy J2, J5, J7, serta A8. Kemudian ada iPhone 6s, 6s+, iPad Mini, kemudian Lenovo A6010.
Kemampuan 4G Smartfren Bakal Diuji dalam Konser Streaming Aliando Syarief
Menyambung kesuksesaan di Thailand, online streaming platform iShow kini hadir di di Indonesia. Kehadiran iShow di Tanah Air untuk memberikan suasana baru dan inovasi dalam industri digital entertainmen. Untuk memberikan nilai tambah dan pengalaman bagi pengguna, iShow bekerjasama dengan PT Smartften Telecom menghadirkan live streaming konser Aliando Syarief pada tanggal 27 Desember 2015.
Smartfren Targetkan 5 Persen Revenue Dari Layanan Digital
Sebagai operator penyedia layanan telekomunikasi di Indonesia Smartfren Telecom menyadari bahwa kontribusi revenue dari layanan digital pada 2015 masih berkisar 3%, sehingga di 2016 Smartfren mentargetkan pertumbuhan layanan data naik 2 persen menjadi 5 persen.
SMARTPHONE
Lenovo Resmi Boyong Vibe S1 ke Tanah Air
Menyasar para penyuka selfie, Lenovo kembali memboyong smartphone anyar, Vibe S1. Sesuai target yang dibidiknya, smartphone ini datang menyuguhkan dua kamera depan. Tak ayal Vibe S1 pun diklaim sebagai yang pertama di dunia dengan dua kamera depan. Di Indonesia, Lenovo Vibe S1 akan mulai ditawarkan secara pre order mulai 3 Desember dengan harga Rp3.999.000.
Huawei Tutup Tahun 2015 dengan Tiga Perangkat High End Terbaru
Jelang akhir tahun 2015 Huawei memboyong tiga perangkat terbarunya ke Indonesia yaitu Huawei Mate S, G8 dan Huawei Watch. Ketga perangkat tersebut menyasar segmen high end. Huawei Mate S ditawarkan Rp9.399.000 sementara itu Huawei G8 yang ditawarkan seharga Rp5.399.000. Sedangkan smartwatch W1 ditawarkan mulai dari Rp5.999.000 hingga Rp9.799.000. notification.
Ternyata ZTE Blade A711 Cuma Dibanderol Rp2 Juta
Vendor ZTE resmi melepas smartphone Blade A711 sebagai “kado” penutup tahun untuk konsumen Indonesia. Berbeda dengan prediksi kami pekan lalu yang menyebut perangkat akan dibanderol Rp2,3 juta, menggandeng Lazada, handset “cuma” dihargai Rp1.999.000. Setelah open sale di Lazada berakhir, handset juga akan dijajakan ke kios tradisional, tapi dengan harga lebih mahal, yakni Rp2.499.000.
ZUK Gandeng Blibli Untuk Pasarkan ZUK Z1 di Indonesia
Setelah meluncurkan ZUK Z1 di Dubai pada 26 Oktober 2015 dan di Berlin pada 30 Oktober 2015. Akhirnya ZUK Z1 dipasarkan untuk kawasan Asia Tenggara termasuk Indonesia. Untuk pasar Indonesia ZUK menggandeng mal onine Blibli.com untuk memasarkan smartphone seharga Rp4.4 juta.
Lumia 950 Sudah Tersedia di Indonesia
Microsoft secara resmi mengumumkan bahwa Lumia 950 tersedia di Indonesia pada tanggal 18 Desember 2015. Smartphone pertama yang berjalan di atas OS Windows 10 ini dibanderol dengan harga Rp 8.999.000.
Usung Fast Charging, Smartphone ini Bisa Jadi Powerbank
Brand ponsel bontot di tanah air, Infinix, resmi melepas model Note 2. Mulai dijajakan esok hari di Lazada, penerus model Hot Note ini dilego Rp1,9 juta. Masuk kategori menengah, Infinix Note 2 menjadi satu-satunya smartphone yang menawarkan fitur fast charging dengan range harga di bawah Rp2 juta. Hanya tersedia melalui Lazada, Infinix Note 2 bisa dipesan dengan pilihan warna abu-abu dan putih.
Ini Dia Smartphone 4G Pertama Advan
Setelah jaringan 4G diresmikan, salah satu brand lokal Advan menghadirkan produk 4G LTE, Advan i5A Glassy Gold. Smartphone ini disebut-sebut menyuguhkan touching mirror experience dengan desain Glassy Gold A Class Higher, yang dibandrol dengan harga Rp1.9 juta.
Evercoss Winner Tab S3, Tablet Berbasis Intel Bidik Segmen Pendidikan
Brand lokal Tanah Air, Evercoss, kembali siap masuk ke pasar tablet lewat produk anyar, Winner Tab S3. Didukung oleh prosesor Intel Atom X3-C3230RK quad-core 1.0 GHz, tablet ini hadir menyasar dunia pendidikan. Tablet sudah dapat langsung dipesan secara preorder via Matahari Mall dengan unit terbatas dan harga spesial Rp868.000.
Asiafone AF22, Ponsel Murah yang Tahan Air
Vendor lain berbondong-bondong rilis ponsel pintar (Smartphone), Asiafone malah luncurkan feature phone seri Asiafone AF22. Bukan sembarang ponsel biasa, yang merupakan ponsel murah yang tahan air. Hal ini dikarenakan celah-celah yang memungkinkan air untuk masuk pun sudah dilapisi oleh karet.
E-COMMERCE
Shopee Ajak Penjual Socmed Pindah Ke Platformnya
Bertambah satu lagi media online bagi Anda yang gemar berjualan. Hanya tersedia di perangkat mobile, Shopee, resmi diluncurkan hari ini untuk pengguna internet di Indonesia. Melalui Shopee, penjual bisa mendaftarkan produknya dengan mudah dan cepat, hanya dengan memotret, mendeskripsikan, dan memasang harga.
Bukalapak Targetkan Peningkatan Transaksi 15 Kali Lipat di Harbolnas 2015
Hari Belanja Online yang digelar pada 12 Desember 2015, dimanfaatkan para e-commerce untuk memberikan program berupa potongan harga, hal itu pun dilakukan salah satu online marketplace Bukalapak.com. Dengan program seperti itu, membuat peningkatan transaksi di Bukalapak.com mencapai 6 kali lipat.
Selama Harbolnas 2015, 75% Pembelian di Zalora Indonesia Menggunakan Smartphone
Harbolnas 2015 memang cukup menarik perhatian karena para pelaku e-commerce menawarkan spesial harga yang cukup menggiurkan. Dengan iming-iming potongan harga mencapai 90% membuat peserta Harbolnas mengalami lonjakan transaksi. Seperti Zalora Indonesia, dan dari lonjakan transaksi ,lebih dari 75% order dilakukan melalui smartphone dibandingkan dengan Harbolnas 2014 yang terdapat 40% order melalui smartphone.
Sukses Digelar, Ini Pencapaian Selama Harbolnas 2015
Perayaan Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) tahun 2015 telah berakhir sejak beberapa hari lalu. Ajang tahunan yang diselenggarakan mulai tanggal 10-12 Desember lalu itu, ternyata cukup menyita perhatian publik.
Promo Shocking 12/12, Penjualan Blibli Naik 20 Kali Lipat
Promo shocking Shopping yang digelar Mal online Blibli.com pada 12 Desember 2015 menuai hasil cukup menggembirakan. Pada promo Shocking Shopping Blibli.com mencatatkan peningkatan nilai penjualan sebanyak 20 kali lipat dibandingkan rata-rata penjualan harian di Blibli.com pada tahun ini.
STORE
Buka Flagship Store Kedua, iBox Jual Jam Pintar Apple Seharga Rumah
Setelah beberapa waktu lalu PT. Data Citra Mandiri, pemilik dan pegelola jaringan gerai iBox membuka iBox Flagship Store di kawasan Kelapa Gading, kini gerai serupa resmi di Mal Kota Kasablanka.
Xiaomi Akhirnya Buka Gerai Penjualan Offline Pertama di Indonesia
Besarnya animo konsumen di Indonesia, membuat Xiaomi yang biasanya hanya menjual produk secara online, kini memutuskan untuk membuka gerai penjualan offline di negeri ini. Menggandeng PT Erafone Artha Retailindo (Erafone), Xiaomi resmi membuka Mi Concept Store pertama di Indonesia. Ini jadi tempat bagi Mi Fans untuk menjajal produk-produk terbaru Xiaomi.