Sunday, August 18, 2019
Home Apps Pantau Inflasi Sekarang Cukup Lewat Smartphone Android

Pantau Inflasi Sekarang Cukup Lewat Smartphone Android

-

sihati-situs-featureJakarta, Selular.ID Benar sepertinya kalau teknologi memberikan kemudahan bagi penggunanya, Sekretaris Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Provinsi Jawa Tengah, baru-baru ini mengenalkan aplikasi yang mampu mengendalikan inflasi dengan menggunakan aplikasi teknologi informasi mobil phone berbasis android.

Aplikasi yang diluncurkan pada Jumat 8 Januari 2016 yang diberi nama Sihati itu sebagai sistem aplikasi yang  menginformasikan harga produk komoditi di provinsi Jawa Tengah. Iskandar Simorangkir Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Jateng mengatakan, Sihati mobile phone itu diharapkan dapat menjadi CCTV perekonomian bagi pemangku kepentingan di wilayah Jateng.

Selain itu juga memudahkan tim pengendali mengeluarkan kebijakan secara langsung melalui virtual meeting. “Kami sudah mengunakan aplikasi sejak Desember 2015, sebelum diluncurkan secara resmi,” kata Iskandar

Menurut dia, aplikasi Sihati generasi pertama diluncurkan pada tahun 2013, sedangkan Sihati generasi kedua yang dilengkapi virtual meeting berbasis android mulai digunakan akhir tahun 2015 lalu. Aplikasi Sihati menjadi acuan bagi tim pengendali inflasi daerah di Jateng. “Sekali ada info kenaikan komoditas yang rawan menganggu langsung gubernur keluarkan kebijakan lewat virtual meeting,” Iskandar menjelaskan

Saat ini aplikasi tersebut hanya diperuntukkan bagi pemangku kepentingan di tingkat provinsi, seperti Gubernur, Sekda, seluruh Kepala SKPD, Bulog, dan TPID Provinsi Jateng. Sedangkan masyarakat umum tetap bisa melakukan pemantauan harga namun melalui website Sihati.

Iskandar menyatakan bukti kerja cepat pengendalian inflasi dengan aplikasi berbasis andorid itu dibuktikan dengan angka inflasi bulan Desember 2015 hanya sebesar 0,99 persen dan lebih rendah dibandingkan akhir tahun 2014.

Optimalisasi pemantauan harga melalui Sistem Informasi Harga dan Produksi Komoditi Sihati dinilai turut andil dalam meminimalisir harga komoditas pangan strategis. Bank Indonesia perwakilan Jawa Tengah meluncurkan kembali Sihati generasi kedua sebagai penyempurnaan sebagai aplikasi Sihati pertama yang dilunching pada tahun 2013.

Latest