spot_img
BerandaFokusNetflix Hadir di Indonesia, Operator Mana Paling Diuntungkan?

Netflix Hadir di Indonesia, Operator Mana Paling Diuntungkan?

-

Netflix-Indonesia

Jakarta, Selular.ID – Meski terus menuai kontroversi, layanan Netflix sejauh ini tetap melenggang bebas. Operator konten streaming video, serial TV hingga film blockbuster asal negeri Paman Sam itu, tetap menjajakan servicenya ditengah ancaman blokir karena dianggap melanggar aturan tentang konten berbayar sesuai aturan industri penyiaran.

Terlepas dari polemik tersebut, kehadiran Netflix bisa dianggap peluang bagi operator untuk meningkatkan jumlah pelanggan 4G yang kini tengah digeber. Dengan kecepatan hingga lebih dari 100 Mbps, menikmati konten yang haus bandwith seperti Netflix kini bukan lagi halangan.

Menurut Netflix dalam situs resminya, estimasi paket internet yang dipakai untuk menonton satu film di layanan Netflix memang cukup besar, yakni 300 MB per jamnya. Itu pun perkiraan untuk video dengan kualitas terendah, yakni di bawah Standar Definition.

Sementara itu, apabila pelanggan memutuskan untuk menonton film berkualitas SD, Netflix memperkirakan, dibutuhkan paket internet sebanyak 700 MB hingga 1 GB per jamnya. Semakin tinggi kualitas gambar dari sebuah film, tentunya akan semakin banyak kuota internet yang dipakai.

Untuk mengonsumsi satu film berkualitas HD, pelanggan butuh paket data sebesar 3 GB per jamnya. Kebanyakan sebuah film berdurasi dua jam, berarti akan menghabiskan jatah internet sekitar 6 GB. Sedangkan, untuk menonton film dengan kualitas gambar tertinggi, Ultra HD, pengguna harus menyiapkan internet sebanyak 7 GB per jamnya.

Namun karena merupakan layanan streaming, disarankan menggunakan paket internet dengan skema unlimited, bukan yang dibatasi oleh kuota.

Beberapa penyedia layanan internet fixed broadband unlimited sudah ada di Indonesia saat ini, seperti Biznet, Firstmedia, dan MyRepublic yang menggunakan kabel optik. Paket-paket tersebut bisa dinikmati dengan biaya kisaran Rp 200.000 hingga Rp 400.000 per bulan.

Untuk layanan mobile broadband, Smartfren menjadi opsi paling menarik karena memberikan paket unlimited dengan harga promosi Rp 75.000 per bulan (hingga April), dari tarif normal Rp 300.000 per bulan.

spot_img
spot_img

Artikel Terbaru