Jumat, 1 Agustus 2025
Selular.ID -

Dorong Indonesia Menuju Ekonomi Digital, idEA-Dyandra Siap Gelar IESE 2016

BACA JUGA

idea-dyandraJakarta, Selular.ID – Indonesia E-Commerce Association (idEA) dan Dyandra Promosindo akan menggelar sebuah ajang yang dikhususkan bagi pelaku e-commerce Tanah Air. Rencana ajang bertajuk Indonesia E-Commerce Summit and Expo (IESE) akan diselenggarakan pada 27 -29 April 2016 di Indonesia Convention & Exhibition (ICE), Jakarta.

Mengusung tema ‘Transforming towards Indonesia Digital Economy’ ajang IESE 2016 diharapkan menjadi momentum yang penting dalam sejarah perkembangan Indonesia menuju negara digital economy. Di acara ini dihadirkan lebih dari 100 pelaku industri e-commerce seperti online retail, marketplace, classified, daily deals, payment, infrastructure sebagai narasumber baik dari nasional maupun internasional, 200 stand perusahaan yang bergerak di industri e-commerce dan pendukungnya, serta 100 stand Usaha Mikro Kecil Menengah (UMM).

“IESE 2016 menyediakan lebih dari 1.500 kursi untuk pelaku bisnis e-commerce, baik pemain lama maupun pemain baru, yang ingin mencari informasi bisnis, business networking dan belanja online di acara e-commerce ini. 100 pembicara summit siap berbagi pengetahuan dan pengalaman mengenai e-commerce meliputi regulator, pelaku bisnis e-commerce, pelaku bisnis terkait dan UKM,” ujar Daniel Tumiwa selaku Ketua Umum idEA.

Pada IESE 2016, transformasi yang dapat terlihat adalah bertemunya para pelaku industri e-commerce dengan teknologi pendukungnya dan juga antara UKM dengan pelaku e-commerce dalam produk dan layanan jasa. “Di IESE 2016, peserta dan pengunjung dapat merasakan transformasi cara berbelanja di online shop yang berbeda dari sebuah konsep pameran itu sendiri. Misi kami yaitu mengedukasi masyarakat luas mengenai potensi industri e-commerce”, ujar Edi Taslim selaku Dewan Pengawas idEA.

Indonesia sendiri merupakan salah satu negara dengan pertumbuhan e-commerce yang sangat berkembang cepat seiring dengan peningkatan penggunaan telepon pintar dan juga infrastruktur telekomunikasi internet. Pertumbuhan ini tidak hanya terjadi di kota besar seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Makassar, Medan dan lain-lain tetapi juga kota-kota lain dan menyebar hampir seluruh wilayah Indonesia. Hal ini membuat Indonesia menjadi salah satu negara dengan potensi pertumbuhan e-commerce terbesar di Asia Pasifik.

Pada tahun ini, nilai bisnis e-commerce di Indonesia diperkirakan bisa mencapai Rp. 120 triliun sampai dengan Rp. 140 triliun dan dalam tiga tahun ke depan diperkirakan akan meningkat menjadi USD 130 miliar. Hal ini didukung oleh potensi yang masih bisa digarap di tahun-tahun mendatang. Saat ini penetrasi Internet di Indonesia baru mencapai 88 juta pengguna namun menurut idea hanya sekitar 7 persen saja yang melakukan pembelanjaan secara online. Tahun depan penetrasi Internet di Indonesia diperkirakan akan mencapai 102 juta pengguna dan ini tentu akan ikut meningkatkan para pelaku e-commerce di Indonesia.

Melihat potensi yang cukup besar tersebut, idEA optimis penyelenggaraan IESE 2016 akan menuai sukses. Hal ini karena IESE bisa menjadi wadah yang menyatukan para pelaku bisnis e-commerce di Indonesia serta masyarakat luas dan menjadi tempat untuk saling berbagi informasi tentang e-commerce.

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU